//

KEANEKARAGAMAN IKAN KARANG DI PERAIRAN DESA ULEE KAREUNG KECAMATAN SIMPANG MAMPLAM KABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Redha Subki - Personal Name
SubjectFISHES
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur komunitas ikan karang yang meliputi kelimpahan, indeks keanekaragaman, keseragaman dan dominansi ikan karang pada perairan Ulee Kareung Kecamatan Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah visual census technique (VCT) -belt transect dengan menggunakan transek 50 meter yang dilakukan sebanyak 3 kali pengulangan pada setiap stasiun pengamatan. Pengambilan data dilakukan pada 3 stasiun pengamatan, setiap stasiun memiliki 2 kategori kedalaman yaitu perairan dangkal (3-5 m) dan perairan dalam (7-10 m). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 59 spesies yang termasuk dalam 19 famili ikan karang dengan jumlah total sebanyak 2094 individu. Nilai kelimpahan ikan karang yang ditemukan berkisar antara 321 ind/ha - 610 ind/ha. Nilai indeks keanekaragaman (H’) rata-rata berkisar antara 2,80-3,16. Indeks keseragaman (E) berkisar antara 0,79 - 0,88 dan indeks dominansi (C) berkisar antara 0,06-0,10. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perairan Ulee Kareung memiliki tingkat keanekaragaman yang sedang Kata kunci : Keanekaragaman, Ikan Karang, Struktur Komunitas, Indeks Ekologi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEANEKARAGAMAN IKAN KARANG DI PERAIRAN DESA ULEE KAREUNG KECAMATAN SIMPANG MAMPLAM KABUPATEN BIREUEN (Muhammad Redha Subki, 2018)

KEANEKARAGAMAN SPESIES TERUMBU KARANG (CORAL-REEF) DI KAWASAN PERAIRAN PANTAI LHOK KRUET KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (RIZKI IDASARI, 2015)

KOMPOSISI IKAN KARANG DI PERAIRAN KABUPATEN ACEH SELATAN (Heriadi, 2015)

EVALUASI KETERAMPILAN BERMAIN TENIS MEJA PADA SISWA SMP NEGERI I SIMPANG MAMPLAM KABUPATEN BIREUENRNTAHUN PELAJARAN 2014/2015 (TIHABSAH, 2015)

PERKEMBANGAN KECAMATAN SIMPANG MAMPLAM PASCA PEMEKARAN WILAYAH TAHUN 2005-2012 (RIZAL, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy