TINGKAT KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

TINGKAT KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

TEUKU M HAFIZH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1305102010055

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Abstrak. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga telah diundangkan pada tanggal 15 Oktober 2012. Peraturan pemerintah ini sangat penting sebagai peraturan pelaksana UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, sekaligus memperkuat landasan hukum bagi penyelenggaraan pengelolaan sampah di Indonesia, khususnya di daerah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sebesapa besar tingkat kepedulian masyarakat terhadap pengelolaan sampah rumah tangga di kota Banda Aceh dan melihat hubungan antara variabel bebas (X) yaitu pengetahuan, persepsi dan sikap dengan variabel terikat (Y) pengelolaan sampah rumah tangga. Tingkat pengetahuan masyarakat terhadap pengelolaan sampah rumah tangga didapat sebanyak 76% masyarakat berpengetahuan baik, tingkat persepsi masyarakat terhadap pengelolaan sampah rumah tangga didapat sebanyak 54% masyarakat berpersepsi baik, dan tingkat sikap masyarakat terhadap pengelolaan sampah rumah tangga didapat sebanyak 53% masyarakat bersikap baik. Hasil analisis korelasi Rank Spearman terdapat hubungan signifikan yang cukup dan berhubungan searah antara variabel pengetahuan dengan pengelolaan sampah rumah tangga, hubungan persepsi dengan pengelolaan sampah rumah tangga di Kota Banda Aceh adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan dan tidak searah antara variabel persepsi dengan pengelolaan sampah rumah tangga, dan hubungan sikap dengan pengelolaan sampah rumah tangga di Kota Banda Aceh adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan dan tidak searah antara variabel sikap dengan pengelolaan sampah rumah tangga.

Kata kunci : Kepedulian masyarakat, pengetahuan, persepsi, sikap,pengelolaan sampah rumah tangga

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK