//

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU PADA MIN BEUREUNUEN KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RUSYDI - Personal Name
SubjectTEACHERS
MOTIVATION
SCHOOL ADMINISTRATION
HEADMASTERS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pascasarjana
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI BEUEREUNUEN KABUPATEN PIDIE Oleh : RUSYDI NIM : 1109200050060 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd. 2. Dr. Sakdiah Ibrahim, M. Pd. ABSTRAK Strategi kepala sekolah merupakan langkah-langkah yang dilakukan kepala sekolah yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi terhadap suatu program bagi pengembangan sekolah. Strategi kepala sekolah sangat berpengaruh dalam meningkatan motivasi kerja guru dalam melaksanakan tugas nya disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program kerja kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru pada MIN Beureunuen Kabupaten Pidie, strategi yang digunakan, dan kendala yang dihadapinya dalam meningkatkan motivasi kerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, display data dan verifikasi data. Sedangkan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Beureunuen Kabupaten Pidie. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru meliputi program pembinaan guru, program pengaturan lingkungan fisik dan non fisik sekolah dan program pemberian reward dan insentif para personil sekolah. (2) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru, yaitu: melakukan pembinaan terhadap guru, penerapan reward dan punishment, partisipasi (pemberdayaan), pendelegasian wewenang, menyusun sistem balas jasa yang efektif, melakukan promosi bagi guru, menciptakan hubungan yang harmonis dalam lingkungan sekolah dan memberi contoh teladan (keteladanan pimpinan). (3) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru meliputi tanggung jawab guru rendah, kurangnya kedisiplinan guru, dan masih terdapat guru yang berdomisili jauh dari sekolah. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU PADA SMALB YPPC DAN SMALB BUKESRA BANDA ACEH (HENI EKAWATI, 2018)

GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU SDN 69 BANDA ACEH (ELIDAYATI, 2018)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MTSN MEUREUDU RNKABUPATEN PIDIE JAYA (Idawati, 2015)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI SD NEGERI 8 BANDA ACEH (RINA DIANA, 2018)

KEPALA SEKOLAH SEBAGAI EDUKATOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PADA SMK NEGERI 2 SIGLI KABUPATEN PIDIE (Farizal Hadi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy