//

PERBANDINGAN KARAKTERISTIK MEKANIK PELEK SEPEDA MOTOR CAST WHEEL DAN SPOKE WHEEL TERBUAT DARI ALUMUNIUM PADUAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sofian Abdillah - Personal Name
SubjectCOMPOSITE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Sepeda motor belakangan ini merupakan alat transportasi utama di Indonesia. Hal ini terjadi karena sepeda motor dapat menjangkau ke tempat-tempat yang diinginkan oleh penggunanya dengan mudah dan cepat baik di pedesaan maupun perkotaan. Pelek adalah bagian roda yang menerima beban berupa berat (orang dan kendaraan) disertai kondisi jalan yang dilalui. Tujuan penelitian ini di lakukan adalah untuk mengetahui karakteristik mekanik dari pelek spoke wheel dan pelek cast wheel, yang digunakan pada kendaraan sepeda motor dan membandingkan hasilnya. Uji karakteristik fisik meliputin uji komposisi kimia dengan menggunakan Energy Dispersion X-ray Spectroscopy(EDS), pengamatan struktur mikro dengan menggunakan alat uji struktur mikro olympus, uji karakteristik mekanik yaitu uji kekerasan dengan metode rockwell dan uji tekan dengan menggunakan alat tekan shop press. Nilai kekerasan dihasilkan pelek cast wheel sebesar sebesar 76,5 HRB sedangkan pelek spoke wheel sebesar 99,3 HRB. Hasil komposisi kimia pelek cast wheel unsur Al sebesar 82,9 Wt% dan 17,1 Wt% campuran dan spoke wheel unsur Al 96,19 Wt% dan 3,81 Wt% campuran. Pengamatan struktur mikro didapatkan presentase alumunium yang sangat tinggi pada kedua jenis pelek. Nilai kuat tegangan tekan pada pelek cast wheel sebesar 45,84 MPa dan nilai tegangan kuat tekan pelek spoke wheel 66,04MPa. Pengujian tekan menunjukan bahwa nilai teganganpada pelek spoke wheel lebih tinggi dikarenakan perbedaan luas penampang kedua jenis pelek.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI FAKTOR PENENTU PENGADAAN PERALATAN KONSTRUKSI EXCAVATOR DAN WHEEL LOADER DI KOTA BANDA ACEH (RICKY REJA PAHLEVIE, 2021)

STUDI PERBANDINGAN BIAYA PRODUKSI WHEEL LOADER DARI ROOM OF MATERIAL KE CRUSHER DI PT LAFARGE CEMENT INDONESIA, LHOKNGA, ACEH BESAR (Devi Pratiwi, 2017)

KAJIAN BIAYA KEGIATAN REHANDLING DAN COAL CRUSHING DI SATUAN UNIT COAL CRUSHING PLANT (CCP) TAMBANG BATUBARA PT MIFA BERSAUDARA, MEULABOH, ACEH BARAT (Muhammad Firdaus, 2018)

PENGGUNAAN METODE WHEEL OF FORTUNE DALAM MENYIMPULKAN MAKNA PUISI OLEH SISWA KELAS VIII SMPN 3 INGIN JAYA (RAUDHATUL FITRI, 2018)

OPTIMASI PRODUKSI BUCKET WHEEL EXCAVATOR DENGAN METODE PERHITUNGAN RENCANA (SPESIFIC PRODUCTION FACTOR) DAN PERHITUNGAN TEORITIS DI PIT MUARA TIGA BESAR UTARA PT. BUKIT ASAM, TBK KABUPATEN MUARA ENIM, SUMATERA SELATAN (Teuku Muhammad Aulia Fatah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy