STUDI HASIL TANGKAPAN HIU YANG DIDARATKAN DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) LAMPULO BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

STUDI HASIL TANGKAPAN HIU YANG DIDARATKAN DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) LAMPULO BANDA ACEH


Pengarang

Safrinawati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1311103010038

Fakultas & Prodi

Fakultas Kelautan dan Perikanan / Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (S1) / PDDIKTI : 54246

Subject
-
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Hiu adalah satu dari sejumlah hasil tangkapan yang di daratkan di Pelabuhan Perikanan (PPS) Lampulo. Pelabuhan perikanan Lampulo adalah pelabuhan terbesar di Aceh dengan daerah penangkapan meliputi Perairan Samudera Hindia dan Selat Malaka dan memiliki hasil tangkapan cukup potensial, namun informasi tentang kajian Hiu masih sangat minim khususnya di Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ukuran morfologi ikan hiu, mengetahui hasil tangkapan ideal serta mengetahui tingkat kedewasaan Hiu jantan (Clasper). Analisis dilakukan menggunakan analisis pengukuran karakteristik morfologi meliputi panjang total (TL), panjang cagak (FL), dan panjang standar (SL); analisis rasio jenis kelamin terhadap spesies serta analisis tingkat kedewasaan Hiu jantan (Clasper). Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk keseluruhan hasil tangkapan rata-rata panjang total 122,90 cm; panjang cagak 110,77 cm; dan panjang standar 86,50 cm. Berdasarkan tingkat kedewasaan jumlah tangkapan tertinggi dari hiu jantan (Clasper) sebanyak 11 spesies yang terdiri Alopias pelagicus 7 ekor, Loxodon macrorhinus 6 ekor, 5 Chiloscylium punctatum dan 5 Charcarhinus leucas, 4 Carcharhinus sorrah, 4 Sphyrna lewini dan Carcharhinus melanopterus.
Kata Kunci: Hiu, Clasper, Morfologi, Lampulo, Banda Aceh

?

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK