KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS


Pengarang

Firdaus - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1310102010041

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Skripsi ini berjudul “ Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah menengah atas SMA Negeri 1 Teunom Aceh Jaya.” Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana komunikasi interpersonal guru bimbangan konseling dalam memberikan pelayaan konseling serta memotivasi belajar siswa kelas XI di sekolah menengah atas Negeri 01 Teunom. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) antar guru Bimbingan Konseling dalam memberikan pelayanan konseling serta memotivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi interpersonal dengan menggunakan pendekatan Penetrasi sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal guru bimbingan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah guru BK dan siswa di SMA Negeri 1 Teunom Aceh Jaya. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh guru BK yaitu dengan komunikasi tatap muka dengan cara memanggil siswa yang bersangkutan. Siswa yang dimaksud seperti yang melanggar peraturan sekolah, berkata kasar, dan berperilaku tidak sopan lainnya Dalam proses belajar mengajar komunikasi interpersonal antara guru dan siswa sangatlah penting, salah satunya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Komunikasi interpersonal sangat efektif untuk merubah pengetahuan, sikap dan perilaku, tujuan dari guru BK di sini adalah untuk merubah perilaku dan membentuk Kesopanan siswanya. Semakian intens perubahan yang dibahas guru BK, maka semakin terarah pola tingkah laku yang berdampak pada murid tersebut.
.
Kata kunci: Komunikasi interpersonal,Guru Bimbingan konseling, Motivasi Belajar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK