KAJIAN KENYAMANAN PENGUNJUNG TERHADAP KELENGKAPAN FASILITAS HUTAN KOTA TIBANG, BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KAJIAN KENYAMANAN PENGUNJUNG TERHADAP KELENGKAPAN FASILITAS HUTAN KOTA TIBANG, BANDA ACEH


Pengarang

MILFAT JIHAN - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1304104010069

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Arsitektur (S1) / PDDIKTI : 23201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Keberadaan ruang terbuka dalam suatu kota sebaiknya tersedia sebanyak 30% dari luas wilayah kota. Kota Banda Aceh mempunyai taman hutan kota Tibang yang menjadi bagian dari RTH hutan kota dan RTH taman kota. Sebagai taman kota dan hutan kota, taman hutan kota Tibang tidak hanya merupakan area hijau akan tetapi juga terdapat fasilitas pendukung didalamnya. Keberadaan fasilitas pendukung pada taman hutan kota Tibang ini sudah ada sejak awal pembangunan hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeinventaris kelengkapan fasilitas pada taman hutan kota Tibang sesuai dengan PerMen PU No.05/PRT/M/2008 kemudian mengevaluasi kenyamanan pengunjung terhadap fasilitas yang terdapat pada taman hutan kota Tibang serta memberikan alternatif desain. Subjek dalam penelitian ini yaitu pengunjung taman hutan kota yang sudah mengunjungi taman hutan kota Tibang lebih dari satu kali dan Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh sebagai pengelola taman hutan kota Tibang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil wawancara yang telah dilakukan kepada pengunjung didapatkan hasil bahwa fasilitas yang kurang nyaman yaitu terdapat beberapa fasilitas yang memerlukan adanya pembaharuan seperti pusat informasi dan kios, kursi taman, area parkir, mushola, toilet umum, magrove board walk dan ramp canopy trail. Dengan adanya fasilitas yang kurang nyaman, maka diperlukan adanya alternatif desain.
Kata Kunci : Ruang terbuka hijau, taman kota, hutan kota, kenyamanan pengguna

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK