//

PENGARUH KEMASAN PLASTIK POLIETILEN DAN POLIPROPILEN TERHADAP UMUR SIMPAN ABON IKAN TONGKOL (KATSUWONUS PELAMIS) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ARRHENIUS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M RIZKI ARIFANDY SARAGIH - Personal Name
SubjectFOOD TECHNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Abstrak: Abon ikan merupakan jenis makanan yang terbuat dari ikan dan diolah dengan cara direbus kemudian digoreng lalu diberi bumbu. Kerusakan bahan pangan dapat disebabkan oleh dua hal yaitu kerusakan oleh sifat alamiah dari produk yang berlangsung secara spontan yang kedua adalah kerusakan karena pengaruh lingkungan. Oleh karena itu diperlukan pengemas untuk membatasi bahan pangan kontak dengan lingkungan untuk mencegah atau menunda proses kerusakan sehingga mempunyai daya simpan yang lebih lama. Pengemasan sangat berpengaruh terhadap mutu dan masa simpan abon sehingga harus dilakukan pengemasan dan penyimpanan yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui umur simpan pada abon ikan dengan metode Arrhenius berdasarkan jenis kemasan dan suhu penyimpanan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode akselerasi pendugaan umur simpan abon ikan. Pendugaan umur simpan ini ditentukan melalui perubahan mutu abon ikan berdasarkan dua faktor. Faktor I adalah jenis kemasan yang terdiri dari 2 taraf yaitu : K1= PE, K2= PP. Faktor II adalah suhu penyimpanan terdiri atas 3 taraf yaitu : S1= 30°C, S2= 40°C dan S3= 50°C. Penyimpanan abon (hari) terdiri atas 5 taraf yaitu : P0 = 0 hari, P1= 7 hari, P2= 14 hari, P3 = 21 hari dan P4= 28 hari. Dengan demikian diperoleh 60 satuan percobaan. Dari hasil penelitian ini diperoleh umur simpan abon ikan yang dikemas dengan kemasan PE dengan suhu 30°C = 113 hari. Pada suhu 40°C = 108 hari. Pada suhu 50°C = 104 hari. Sedangkan umur simpan abon ikan dengan kemasan PP pada suhu 30°C = 63 hari. Pada 40°C = 62 hari. Pada suhu 50°C = 61 hari. Kata kunci : abon, arrhenius, suhu, polietilen, polipropilen.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KEMASAN ALUMINIUM FOIL DAN BONTOL KACA TERHADAP UMUR SIMPAN ABON IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS) DENGAN PENDEKATAN METODE ARRHENIUS (Wahyu Afdillah, 2018)

PENGARUH VARIASI JENIS KEMASAN PLASTIK DAN SUHU PENYIMPANAN TERHADAP KUALITAS JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA) (SAIPUN PUTRA, 2015)

KAJIAN PEMANFAATAN KEMASAN ATMOSFER TERMODIFIKASI PADA PENYIMPANAN BUAH MANGGA CENGKEH (MANGIFERA INDICA. L) (Muammar Aris Munandar, 2016)

PENGARUH KEMASAN DAN ABSORBER TERHADAP UMUR SIMPAN BUAH PISANG AYAM (MUSA ACUMINATA) (Yazidul Bustami, 2017)

UMUR SIMPAN WORTEL (DAUCUS CARROTA L) DENGAN VARIASI KEMASAN PLASTIK POLIPROPILEN DAN SUHU PENYIMPANAN (Desi Diana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy