//

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PANEN KELAPA SAWIT DI KEBUN BATEE PUTEH PT. AGRO SINERGI NUSANTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Arham - Personal Name
SubjectAGRICULTURE - ECONOMIC ASPECTS
OIL PALM
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Hasil perkebunan kelapa sawit menjadi komoditi strategis sebagai penghasil devisa utama negara dari sektor nonmigas. Usaha peningkatan produksi perkebunan kelapa sawit diarahkan agar benar-benar dapat berfungsi sebagai penghasil devisa, meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan pendapatan serta taraf hidup. Pemasukan perusahaan berdasarkan produktivitas pemanen semakin tinggi produktivitas pemanen maka semakin tinggi pula pemasukan perusahaan. Perusahaan perkebunan kelapa sawit menetapkan suatu standar pokok ataupun basis panen yang dibuat untuk memenuhi produksi yang ditetapkan dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP). Namun, dalam realisasi masih mengalami naik turunnya produksi yang didapat para buruh panen. Naik turunnya produktivitas buruh panen dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berbeda tiap-tiap pemanen Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pendapatan total rumah tangga, jumlah tanggungan keluarga, premi, umur dan pengalaman terhadap produktivitas tenaga kerja panen kelapa sawit di Kebun Batee Puteh PT. Agro Sinergi Nusantara. Penentuan sampel dari penelitian ini secara proportional random sampling pengambilan sampel proporsi untuk memperoleh sampel yang representatif, pengambilan sampel dari setiap wilayah ditentukan sebanding tiap-tiap wilayah (afdeling). Pada penelitian ini sampel diambil dari tiap afdeling sebesar 20% sehingga sampel yang didapat yaitu 32 sampel. Hasil penelitian menunjukkan produktivitas tenaga kerja panen dipengaruhi oleh usia, pengalaman, jumlah tanggungan, pendapatan total rumah tangga dan premi secara serempak diuji menggunakan uji f. Pada hasil uji t mendapatakan hasil secara parsial hanya variabel jumlah tanggungan, pendapatan total rumah tangga dan premi yang berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja panen kelapa sawit di Kebun Batee Puteh PT. Agro Sinergi Nusantara. Penelitian ini memperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 95,1% artinya produktivitas tenaga kerja panen kelapa sawit dapat dijelaskan 95,1% oleh variabel umur, pengalaman, jumlah tanggungan, pendapatan total rumah tangga dan premi sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PANEN KELAPA SAWIT DI KEBUN BATEE PUTEH PT. AGRO SINERGI NUSANTARA (Arham, 2018)

ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA BURUH HARIAN LEPAS(BBL) PANEN KELAPA SAWIT DI PT PERKEBUNAN NUSANT ARA (PTP N) 1 KEBUN BARU LANGSA (FARHAH MUTIA, 2020)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PANEN DI PERUSAHAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT. PARASAWITARNKABUPATEN ACEH TAMIANG (Rachmat Al Amami N, 2014)

PERKEMBANGAN SOSIAL EKONOMI BURUH PERKEBUNAN SAWIT PT. AGRO SINERGI NUSANTARA DI GAMPONG KRUENG LUAS KECAMATAN TRUMON TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN, 1994-2013 (Lili Suriati, 2015)

PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT AGRO SINERGI NUSANTARA UNIT KEBUN SAWIT BATEE PUTEH KABUPATEN ACEH BARAT DAN KABUPATEN ACEH JAYA) (FHATIA RAMADANI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy