STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BUTAR ACEH SINGKIL | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BUTAR ACEH SINGKIL


Pengarang

Lukman - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1110102010138

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam
Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Butar Aceh
Singkil” yang bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi interpersonal yang
diterapkan guru kelas IV dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa,
mengetahui bentuk komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dalam
meningkatkan keterampilan membaca dan mengetahui faktor penghambat
komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan keterampilan membaca.
Penelitian ini menggunakan teori analisis transaksional. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Objek dalam penelitian
ini adalah strategi komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan keterampilan
membaca siswa. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan
siswa kelas IV di SD Negeri Butar Aceh Singkil. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi interpersonal yang diterapkan berupa
komunikasi persuasif, secara tatap muka kepada siswa dan pendekatan individual,
pemberian nasehat, dan motivasi serta jam tambahan kepada siswa, metode
SAS(Struktural AnalitikSintetik).Bentuk komunikasi interpersonal yang digunakan
berupa komunikasi persuasife, bimbingan belajar membaca terhadap siswa. Strategi
komunikasi interpersonal yang diterapkan memiliki kendala, yaitu sikap siswa yang
masih malu-malu dan takut untuk mengutarakan kesulitan yang dialaminya,
lambatnya pemahaman siswa. Kurangya sarana dan prasarana yang digunakan dalam
proses belajar mengajar.

Kata kunci : Strategi, Komunikasi Interpersonal, Guru, Siswa, Keterampilan
Membaca.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK