Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI METODE INKUIRI TERHADAP SIKAP DAN PERILAKU SISWA PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH
Pengarang
Femillia Elsa - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1109200150022
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Pasca Sarjana., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Femillia Elsa, Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan melalui Metode Inkuiri Terhadap Sikap dan Perilaku Siswa pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Pembimbing I Dr. Khairil, M. Si, pembimbing II. Prof. Dr. Yuswar Yunus, M. P
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan sikap siswa serta hubungan sikap siswa dan hasil belajar siswa dengan penerapan pendidikan karakter peduli lingkungan melalui metode inkuiri pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang, yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki pada kelas VII.7. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil pemahaman dan sikap siswa adalah dengan menggunakan uji t dan persentase, sedangkan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman dan sikap digunakan uji korelasi Product Moment pada taraf nyata= 0,05. Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh hasil dengan melihat nilai pre test dan post test, pada nilai rata-rata total nilai pre test yang diperoleh oleh siswa diketahui bahwa pada aspek kemampuan kognitif siswa (nilai) dalam pemahaman konsep terjadi peningkatan dengan nilai total nilai pre test yang diperoleh oleh siswa diketahui bahwa siswa mendapat nilai pre test 56 dan rata-rata nilai post test 77 serta nilai gain sebesar 54. Serta nilai sikap yaitu dengan nilai total nilai pre test 70 dan rata-rata nilai post test 82 terjadi nilai gain sebesar 47. Nilai perilaku yaitu dengan nilai total nilai pre test 79 dan rata-rata nilai pos test 95 nilai Ngain sebesar 76%. Data peningkatan pemahaman dan sikap siswa diperoleh t hitung = 12,862 dengan t tabel = 2,06. Data pengisian angket diperoleh t hitung = 18,959 dengan t tabel = 2,06. Data peningkatan sikap dan perilaku siswa diperoleh t hitung = 15,393 dengan t tabel = 2,06. Korelasi pemahaman dan sikap siswa diperoleh 0,497 yang berarti memiliki hubungan yang cukup. Korelasi sikap dan perilaku diperoleh 0,950 yang berarti memiliki hubungan yang sangat kuat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendidikan karakter peduli lingkungan dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan pemahaman dan menyebabkan perubahan sikap dan perilaku siswa sehingga menjadi sadar dan peduli lingkungan pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan di SMP Negeri 6 Banda Aceh.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Metode Inkuiri, Pemahaman, Sikap dan Perilaku, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI 43 BANDA ACEH (GISA SAKASIRANA, 2018)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS’ ACHIEVEMEN DIVISION (STAD) PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 INGIN JAYA ACEH BESAR (ismiati, 2015)
PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 1 KUTAPANJANG KABUPATEN GAYO LUES (Jumiyati, 2020)
PENGUATAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI KOMUNITAS SOBAT BUMI INDONESIA REGIONAL ACEH PENYELAMAT BUMI DI KOTA BANDA ACEH (TRIANA PUTRI KHAIRIL, 2021)
PENERAPAN MODEL INKUIRI PADA MATERI KOLOID DI RNKELAS XI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH TAHUN RNPELAJARAN 2013/2014 (Murhammah, 2015)