//

KONTRIBUSI KEMAMPUAN NUMERIK DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alfiza Joan Destria - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Destria, Alfiza Joan. 2017. Kontribusi Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Erni Maidiyah, M.Pd (2) Dra. Bintang Zaura, M.Pd Kata kunci: Kemampuan Numerik, Kemampuan Verbal, Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Pembelajaran matematika di sekolah diharapkan dapat melatih dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Pada kenyataannya kemampuan berpikir kritis siswa tidaklah seperti yang diharapkan. Penelitian ini berupaya mengungkapkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi kemampuan numerik dan kemampuan verbal secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh, (2) persentase kontribusi kemampuan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh, (3) persentase kontribusi kemampuan verbal terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh, dan (4) persentase kontribusi kemampuan numerik dan kemampuan verbal secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh yang berjumlah 306 siswa. Sampel diambil sebanyak 20% dari keseluruhan populasi, yakni 61 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Data dikumpulkan menggunakan tes. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji korelasi product moment dan uji korelasi ganda. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa terdapat kontribusi kemampuan numerik dan kemampuan verbal secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh. Adapun persentase kontribusi kemampuan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh sebesar 16,48%, persentase kontribusi kemampuan verbal terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh sebesar 2,86%, serta persentase kontribusi kemampuan numerik dan kemampuan verbal secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX SMP Negeri 3 Banda Aceh adalah sebesar 17,14%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (Muhammad Ridha, 2017)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Lia Fitria, 2017)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN DI KELAS VIII MTSN MODEL BANDA ACEH (MILA FURRAHMAH, 2018)

PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUIPENDEKATAN METAKOGNITIF (Ainuna Fasha, 2016)

PENERAPAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (RIZKA ULFIA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy