//

VARIASI TEPUNG TIMPHAN BERPENGARUH TERHADAP CITA RASA TIMPHAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Inda Pelita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pelita, I. 2017. Variasi Tepung Timphan Berpengaruh Terhadap Cita Rasa Timphan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Hafnati Rahmatan, M.Si., (2) Laili Suhairi, S.Pd, M.Si. Kata Kunci : Variasi, timphan, tepung ubi jalar ungu, tepung kentang, cita rasa. Pengolahan ubi jalar ungu dan kentang menjadi tepung dapat meningkatkan diversifikasi produk pangan juga dapat menambah dan mengangkat ubi jalar ungu dan kentang menjadi komoditas yang bernilai tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung ubi jalar ungu dan tepung kentang terhadap cita rasa timphan, daya terima konsumen dan resep standar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 8 ulangan. Kelompok perlakuan terdiri dari P0 (0 gr tepung ubi jalar ungu dan tepung kentang), P1 (50 gr tepung ubi jalar ungu), P2 (50 gr tepung kentang), dengan demikian terdapat 24 unit percobaan. Data dianalisis dengan Analisis Varian (ANOVA) pada taraf 0,05 dan dilanjutkan Uji BNT dan Uji BNJ. Hasil dan pembahasan pada uji pengamatan narasumber memberikan nilai tertinggi pada timphan dengan penambahan tepung ubi jalar ungu dari segi organoleptiknya yaitu warna 23,9 (cenderung sangat ungu), aroma = 24 (sangat harum), tekstur = 23,2 (kenyal) dan rasa = 23,4 (manis). Pada uji penerimaan konsumen memberikan nilai tertinggi pada timphan dengan penambahan tepung ubi jalar ungu dari segi organoleptiknya yaitu warna timphan yaitu 4,54 (sangat ungu), aroma = 4,61 (cenderung amat sangat harum), tekstur = 4,04 (sangat lembut) dan rasa = 4,65 (cenderung amat sangat manis). Kesimpulan penelitian menunjukkan pengaruh yang nyata, timphan ubi jalar ungu lebih disukai dari segi warna, aroma, tekstur dan rasa. Daya terima konsumen menunjukkan bahwa konsumen memberikan nilai tertinggi pada timphan ubi jalar ungu. Saran pada penelitian ini diharapkan pembaca dapat memanfaatkan ubi jalar ungu dan kentang dalam pembuatan penganan yang lebih bervariatif, berdaya jual tinggi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH LAMA PENGUKUSAN DAN PENYIMPANAN BEKU TERHADAP KUALITAS TIMPHAN BEKU UBI JALAR UNGU (IPOMOEA BATATAS L) (MUHAMMAD CHALID ISRA, 2018)

PENGARUH PERBANDINGAN KELAPA KUKUR DAN AIR DAN WAKTU PENGERINGAN PADA PEMBUATAN TIMPHAN INSTAN DENGAN METODE PENGERINGAN BEKU (Chainuriza Annisa Fitri, 2018)

PEMBUATAN TIMPHAN KOMPOSIT BEKU DENGAN SUBSTITUSI TEPUNG MOCAF DAN TEPUNG UBI JALAR KUNING (ANALISA FENIA, 2019)

PENGARUH JENIS LABU KUNING DAN RASIOTEPUNG TERIGU DAN TEPUNG LABU KUNING PADA PEMBUATAN MIE DAN BASAH (sabila, 2013)

PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN TEPUNG AMPAS TAHU DAN TEPUNG BERAS MERAH (ORYZA NIVARA) SERTA LAMA FERMENTASI TERHADAP MUTU CRACKERS (Ridwan, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy