EKSPLORASI WARNA ALAM SEBAGAI PEWARNA TEKSTIL YANG DIAPLIKASIKAN PADA TEKSTIL DENGAN TEKNIK JUMPUTAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

EKSPLORASI WARNA ALAM SEBAGAI PEWARNA TEKSTIL YANG DIAPLIKASIKAN PADA TEKSTIL DENGAN TEKNIK JUMPUTAN


Pengarang

Devi Arini - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306104010069

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) / PDDIKTI : 83206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Arini, Devi. 2018. Eksplorasi Warna Alam Sebagai Pewarna Tekstil yang Diaplikasikan Pada Tekstil Dengan Teknik Jumputan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dra. Rosmala Dewi, M. Pd (2) Novita, S.Pd., MA

Kata kunci: Eksplorasi, Warna Alam, Pewarnaan Tekstil, Jumputan

Mengeksplorasi warna alam adalah mencari warna alam yang berasal dari tumbuhan dan dapat di ambil salah satu bagian dari tumbuhan tersebut untuk dijadikan pewarnaan pada tekstil. pewarnaan alami tekstil harus tetap dilestarikan jangan sampai tersaingi oleh pewarna sintetis yang sukar diurai oleh alam dan berdampak negatif terhadap lingkungan, pada kulit dapat terjadi iritasi, gatal-gatal dan gangguan kulit lainnya. Penelitian ini merupakan eksplorasi warna alam dari berbagai jenis kulit pohon dan dedaunan sebagai tumbuhan yang diaplikasikan pada tekstil dengan teknik jumputan. Objek dalam penelitian ini menggunakan 4 jenis kulit pohon dan 2 jenis dedaunan yang difiksasi dengan mordan (tunjung, kapur sirih dan tawas). Subjek dalam penelitian ini bahan katun untuk jilbab dan dijumput menggunakan warna alam. Metode Penelitian yang digunakan adalah eksperimen terapan. Ekstraksi yang digunakan adalah teknik perebusan, kemudian dilakukan pencelupan pada jilbab. Tujuan dari penelitian adalah mengeksplorasi warna alami yang didapatkan dari alam kemudian diekstraksi menggunakan mordan tunjung, dan kapur sirih, mendesain motif jumputan yang dimodifikasi dengan motif Aceh emun berangkat dan mata pune modifikasi dan dapat menghasilkan tekstil yang telah diwarnai dengan teknik jumputan. Hasil penelitian membuktikan bahwa jumputan yang menggunakan pewarna alami dan beberapa motif Aceh lebih muncul kesan etnik dan ekslusifnya serta memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK