RANCANG BANGUN PROTOTIPE SISTEM DETEKSI KEAMANAN RUMAH MELALUI HANDPHONE BERBASIS MIKROKONTROLER ATmega16 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

RANCANG BANGUN PROTOTIPE SISTEM DETEKSI KEAMANAN RUMAH MELALUI HANDPHONE BERBASIS MIKROKONTROLER ATmega16


Pengarang

Ranto Asmara - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0604105020002

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Teknik., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

620.46

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Tindak kejahatan pencurian dan perampokan rumahsering kali terjadi sehingga diperlukan sebuah sistem pengamanan yang dapat diaplikasikan atau digunakan sebagai pengaman rumah. Salah satu alternatif pemecahan terhadap permasalahan tersebut adalah dengan membangun sistem deteksi keamanan rumah berbasis Mikrokontroler ATmega16yang dikombinasikan dengan teknologi SMS untuk mengirim informasi keamanan rumah kepada pengguna. Pada penelitian inidilakukan rancang bangun sistem informasi keamanan berbasis Mikrokontroler ATmega16, modem GSM dan sensor switch yang diletakan pada pintu dan jendela. Sensor bekerja pada saat pintu atau jendela terbuka dan mengirimkan data ke mikrokontroler. Hasil pemprosesan data pada mikrokontroler adalah pesan dalam bentuk teks yang dikombinasikan dengan perintah AT-COMMANDdan selanjutnyaditeruskan ke modem GSM untuk dikirim ke perangkat mobiledalam bentuk SMS. Hasil pengujian perangkat menujukkan bahwa sensor switch yang terletak pada pintu dan jendela bekerja sebagaimana mestinya, yaitu sensor OFF pada saat pintu atau jendela tertutup dan sensor ON pada saat pintu atau jendela terbuka. Hasil pengujian juga menujukkan bahwa SMS dengan pesan ”PINTU TERBUKA” atau ”JENDELA TERBUKA” berhasil dikirimkan ke nomor handphoneyang telah ditentukan ketika pintu atau jendela terbuka.

Kata Kunci: Mikrokontroler ATmega16, Modem, SMS.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK