//

INFORMASI INI AKAN DIPUBLIKASI PADA JURNAL TERINDEKS SCOPUS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Rahmadani - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS - ECONOMIC BOTANY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Penelitian menggunakan ekstrak etanol akar Cibotium barometz (L.) J.Sm. pada tikus (Rattus norvegicus) galur wistar untuk mengetahui kemampuan antioksidan dan antidiabetes. Sampel diekstraksi dengan metode maserasi, lalu uji skrining fitokimia dilakukan dengan metode analisis fitokimia. Uji antioksidan menggunakan metode 1,1-diphenyl-2-picrylhydrazil (DPPH) dan vitamin C digunakan sebagai standar, absorbansinya diukur dengan spektrofotometer UV-Vis. Uji antidiabetes dilakukan pada tikus (Rattus norvegicus) galur wistar yang dikondisikan diabetes dengan aloksan. Data yang diperoleh dianalisis secara ANOVA dua jalur dengan tingkat signifikan 5% dan dilanjutan dengan uji Dunnet menggunakan program GraphPad Prism 7. Hasil penelitian menujukkan ekstrak etanol akar C. barometz mengandung senyawaan: alkaloid, flavonoid, polifenol, tanin, saponin, steroid dan triterpeoid. Senyawa flavonoid diduga dapat bertanggung jawab untuk antioksidan dan menurunkan diabetes. Ekstrak etanol akar C. barometz dan vitamin C memiliki kekuatan antioksidan yang sangat kuat dengan perbandingan nilai IC50 ekstrak etanol akar C. barometz sebesar 14,59 ppm dan vitamin C memiliki nilai IC50 sebesar 5,10 ppm. Ekstrak etanol akar C. barometz memiliki kemampuan sama dengan metformin dalam menurunkan kadar glukosa darah serta besarnya konsentrasi tidak mempengaruhi kecepatan penurunan kadar glukosa darah pada tikus. Akar C. barometz memiliki potensi sebagai antioksidan dan antidiabetes.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN ASAM JAWA (TAMARINDUS INDICA LINN) TERHADAP ISOLAT KLINIS MULTIDRUG-RESISTANT PSEUDOMONAS AERUGINOSA SECARA IN VITRO (Ramazi Ilham, 2015)

KONTRIBUSI PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI KELOMPOK KEMBANG TANI DI DESA CUCUM KABUPATEN ACEH BESAR (Nurul Hidayah, 2016)

ANALISIS PENGARUH DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) DAN BELANJA MODAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI ACEH (Ramadhan, 2019)

PENGARUH JUMLAH UANG BEREDAR, SUKU BUNGA DAN EKSPOR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA (YUNIDAR PURNAMA SARI, 2018)

ANALISIS KELAYAKAN USAHA PADA TAMAN BUNGA CELOSIA DI BEURAWE KOTA BANDA ACEH (MUHAMMAD SUBKI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy