//

ANALISIS KUALITAS TAHU BASAH BERDASARKAN BIOINDIKATOR KEBERADAAN BAKTERI COLIFORM DI KAWASAN KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DIAN AFRIANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Afriani, Dian. 2018. Analisis Kualitas Tahu Basah Berdasarkan Bioindikator Keberadaan Bakteri Coliform di Kawasan Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Iswadi, S. Pd., M. Si., (2) Dr. Samingan, M. Si Kata kunci: Tahu basah, Bakteri dan Coliform. Penelitian “Analisis Kualitas Tahu Basah Berdasarkan Bioindikator Keberadaan Bakteri Coliform di kawasan Kota Banda Aceh” telah dilakukan pada Bulan November hingga Desember 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kualitas tahu basah berdasarkan bioindikator keberadaan bakteri Coliform di kawasan Kota Banda Aceh. Analisis data keberadaan bakteri Coliform menggunakan uji MPN dan Total Plate Count (TPC). Hasil uji MPN menunjukkan bahwa setiap sampel tahu basah yang diproduksi oleh pabrik tahu di Kota Banda Aceh positif mengandung bakteri Coliform dengan hasil pengujian TPC didapatkan bahwa pada sampel tahu basah yang diperoleh dari Desa Setui memiliki jumlah koloni terbanyak yaitu 237x105 dan Desa Batoh memiliki jumlah koloni bakteri paling sedikit yaitu 71x105. Pada hasil uji pewarnaan Gram memperkuat bahwa yang mengontaminasi tahu basah merupakan bakteri jenis Gram negatif yaitu Coliform. Berdasarkan SNI 7388-2009, kualitas tahu basah yang diproduksi oleh pabrik tahu di Kota Banda Aceh tidak baik. 

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI KUALITAS AIR BERSIH SIAP MINUM (TAP WATER)DINILAI DARI PARAMETER MIKROBIOLOGI DI RUMAH SAKIT UMUM DOKTER ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH (Dewi Elkha Maisarah, 2015)

PENGARUH LAMA PENYIMPANAN TERASI YANG DIPRODUKSI DI KOTA LANGSA TERHADAP JUMLAH BAKTERI COLIFORM (DI BAWAH BIMBINGAN DARMAWI DAN ZAKIAH HERYAWATI MANAF) (Machfud, 2014)

UJI BAKTERIOLOGI MINUMAN AIR TEBU (SACCHARUM OFFICINARUM) DENGAN BIOINDIKATOR BAKTERI COLIFORM (Nurul Husna, 2019)

ISOLASI BAKTERI COLIFORM FECAL PADA AIR MINUM DI WARUNG KOPI DI KECAMATAN SYIAH KUALA (MUAMMAR. F, 2018)

KEANEKARAGAMAN TERITIP SEBAGAI BIOINDIKATOR KONDISI LINGKUNGAN PERAIRAN KRUENG LAMNYONG, BANDA ACEH (M Rizki Fauzi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy