KOMPOSISI SPESIES INSEKTA PADA TANAMAN PISANG BARANGAN (MUSA SAPIENTUM L) DI GAMPONG SEUKEMBROK BEURABO KECAMATAN PADANG TIJI KABUPATEN PIDIE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KOMPOSISI SPESIES INSEKTA PADA TANAMAN PISANG BARANGAN (MUSA SAPIENTUM L) DI GAMPONG SEUKEMBROK BEURABO KECAMATAN PADANG TIJI KABUPATEN PIDIE


Pengarang

RINA RAIHANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306103010088

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Rina Raihani. 2017. Komposisi Spesies Insekta Pada Pisang Barangan (Musa sapientum L) Di Gampong Seukembrok Beurabo Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Prof. Dr. M.Ali S., M.Si (2) Devi Syafrianti, S.Pd, M.Si
Kata kunci: komposisi, insekta, pisang barangan

Peranan insekta dalam ekosistem antara lain sebagai pollinator, dekomposer, predator (pengendali hayati), parasitoid hingga sebagai bioindikator bagi suatu ekosistem sehingga dengan adanya kegunaan serangga itu akan sangat bepengaruh dalam bidang pertanian. Penelitian dilakukan sejak bulan Oktober 2017 - Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi insekta yang menguntungkan dan merugikan pada tanaman Pisang Barangan di Gampong Seukembrok Beurabo Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie. Metode penelitian yang digunakan observasi langsung dengan teknik Purposive Sampling dan pengambilan sampel insekta dengan metode hand sortir. Luas lokasi penelitian ± 1 hektar dibagi menjadi 5 stasiun dengan jarak 1.000 meter/stasiun. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunankan rumus komposisi. Hasil penelitian ditemukan 7 spesies dari 4 famili dan 4 ordo, yaitu Chilocorus sp., Oxya japonica Willemse, Melanoplus sp., Dichromorpha viridis, Dolichoderus thoracicus, Erionota thrax dan Harmonia axyridis. Komposisi spesies insekta yang menguntungkan pada tanaman Pisang Barangan tergolong rendah dengan presentase 42,86%, sedangkan komposisi spesies insekta yang merugikan tergolong Sedang dengan presentase 57,14%.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK