PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH


Pengarang

MAHDARUL HUSAINA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906103020027

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci : Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW), bangun datar, hasil belajar

Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada Materi Bangun Datar di Kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh” ini mengangkat masalah apakah hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat mencapai ketuntasan pada materi bangun datar di kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh, dan bagaimanakah respon siswa terhadap model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada materi bangun datar di kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan mengetahui ketuntasan hasil belajar melalui penerapkan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada materi bangun datar di kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh, dan respon siswa terhadap model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada materi bangun datar di kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 234 siswa. Dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel satu kelas yaitu kelas VII5 yang berjumlah 26 siswa. Adapun jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one- shot case study. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sesuai dengan tujuannya. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes hasil belajar yang terdiri dari 5 soal essay setelah pembelajaran berlangsung, angket respon siswa, dan juga melalui lembar observasi kegiatan pembelajaran sebagai faktor pendukung. Selanjutnya, pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-t satu pihak (uji pihak kanan) taraf signifikan ?=0,05 dan derajat kebebasan dk = 25. Pada uji-t diperoleh t_hitung=4,35 lebih besar dari t_tabel=1.71, yaitu 4,35>1,71 ini menunjukkan bahwa H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh yang diajarkan dengan model pembelajaran TTW pada materi bangun datar dapat mencapai keberhasilan belajar dan respon siswa terhadap model pembelajaran TTW pada materi bangun datar di kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh berdasarkan hasil pengamatan menunjukkan tanggapan positif yaitu, sebanyak 100% siswa menjawab sangat berminat dan berminat mengikuti pembelajaran selanjutnya menggunakan model pembelajaran TTW.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK