//

ESTIMASI STOK KARBON (C) BERBAGAI MACAM TUMBUHAN RAMBAT (LIANA) YANG POTENSIAL DIAPLIKASIKAN DALAM VERTICAL GARDEN DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizka Ora Aurora Yahya - Personal Name
SubjectWASTE CONTROL - TECHNOLOGY
WASTE TECHNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rizka Ora Aurora Yahya. 2018. Estimasi Stok Karbon (C) Berbagai Macam Tumbuhan Rambat (Liana) yang Potensial Diaplikasikan dalam Vertical Garden di Kota Banda Aceh. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Djufri, M.Si (2) Drs. Supriatno, M.Si., Ph.D Kata kunci : vertical garden, tumbuhan rambat (liana), biomasa, stok karbon & stomata Vertical garden merupakan inovasi yang sesuai diaplikasikan di perkotaan dengan jumlah ruang terbuka hijau yang tidak mencukupi dan tingkat polusi udara relatif tinggi. Tanaman rambat (liana) potensial diaplikasikan dalam vertical garden karena mampu menyerap karbon (C) dan menghasilkan oksigen (O2) dalam jumlah yang signifikan ke udara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui estimasi stok karbon, biomasa, tipe-tipe stomata, serta berbagai aplikasi vertical garden dari berbagai jenis tumbuhan rambat di Kota Banda Aceh. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus-Desember 2017 menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif kualitatif dengan metode observasi dan survey. Pengumpulan data dengan rancangan destructive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biomasa dan stok karbon tertinggi terdapat pada tumbuhan Ficus pumilla dengan total biomasa sebanyak 144,18 gr, dan stok karbon 0,19 kg/ha. Beberapa tipe stomata yang diamati menunjukkan Ficus pumilla, Piper ornatum dan Piper betle memiliki stomata tipe anomositik; Rhapidhopora khorthalsii dan Philodendron cordatum memiliki stomata tipe diasitik; Epipremnum aureum dan Epipremnum aureum Marble Queen memiliki stomata tipe siklositik; tipe anisositik pada Antigonon leptosus. Aplikasi vertical garden di Kota Banda Aceh menggunakan Ficus pumilla sebanyak 75%, Rhapidhopora khorthalsii sebanyak 13%, Piper ornatum, Piper betle, Epipremnum aureum masing-masing sebanyak 4%. Kesimpulan penelitian tumbuhan rambat yang paling efektif menyerap karbon dan yang paling sering diaplikasikan sebagai salah satu komponen taman vertikal di Kota Banda Aceh adalah tumbuhan Ficus pumilla. Tipe stomata yang diperoleh dari pengamatan berbagai macam tumbuhan rambat yang diteliti adalah tipe anomositik, diasitik, siklositik dan anisositik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KUALITAS AMPAS SAGU FERMENTASI RNDENGAN LAMA PEMERAMAN YANG BERBEDA (zulkarnain, 2014)

PENGARUH KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH DAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KETERANDALAN DAN KETEPATWAKTUAN PELAPORAN KEUANGAN PADA SATUAN KERJA PERANGKAT KOTA BANDA ACEH (Rizki Nurdiansyah, 2017)

ANALISIS WASTE MENGGUNAKAN METODE LEAN PROJECT MANAGEMENT PADA PROYEK PEMBANGUNAN FASILITAS KESEHATAN RSUD KABUPATEN PIDIE JAYA (SHERAGIZCA YOLANDA SITUMEANG, 2019)

ESTIMASI DAYA SERAP CO2 JENIS MANGROVE DI PESISIR ACEH BESAR (Nova Yurika, 2017)

ESTIMASI POTENSI HUTAN KOTA BANDA ACEH DALAM MEREDUKSI EMISI CO2 SEBAGAI REFERENSI PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN KEPENDUDUKAN (NURDIN AMIN, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy