//

PENGARUH TEKANAN KETEL UAP (BOILER) TERHADAP RENDEMEN PADA PENYULINGAN MINYAK PALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T.fitra Ardiansyah - Personal Name

Abstrak/Catatan

A B S T R A K Indonesia merupakan negara pengekspor minyak atsiri. Provinsi Aceh khususnya Aceh Selatan merupakan salah satu daerah penghasil minyak atsiri yang berasal dari buah pala. Minyak atsiri dari buah pala umumnya diperoleh melalui metode penyulingan. Penelitian dilakukan untuk mengamati sejauh mana tekanan didalam boiler akan mempengaruhi rendemen serta jumlah bahan bakar yang dibutuhkan pada saat penyulingan dengan tekanan yang berbeda. Dari hasil pengujian didapatkan hasil persentase berat rendemen dengan tekanan 1 bar sebanyak 156 g (3,12 %) yang menghabiskan bahan bakar sebesar 5 kg gas elpiji selama proses penyulingan. Tekanan 2 bar menghasilkan rendemen sebanyak 146 g (2,92%) dengan konsumsi bahan bakar sebanyak 9,5 kg gas elpiji selama proses penyulingan.. Pada pengujian dengan tekanan 2,5 bar menghasilkan rendemen sebanyak 92 g (1,84%) yang menghabiskan bahan bakar sebesar 12 kg gas elpiji selama proses penyulingan berlangsung. Dengan bahan baku pala sebanyak 5 kg pada setiap pengujian. Rendemen maksimal dan bahan bakar minimal diperoleh pada tekanan 1 bar, kenaikan tekanan akan mengakibatkan turunnya rendemen dan naiknya konsumsi bahan bakar. Kata kunci: pala, penyulingan, rendemen, tekanan boiler.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA KUALITAS MINYAK NILAM DENGAN VARIASI JENIS KETEL SULING DAN BAHAN YANG DISULING (YUSMADI, 2016)

PENGARUH LAMA PENYULINGAN TERHADAP RENDEMEN DAN MUTU MINYAK ATSIRI PADA BIJI PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT) (Fadillah Ramadhanti Rangkuti, 2017)

PENGARUH PENGGUNAAN SEKAT HORIZONTAL DALAM KETEL PENYULING PADA PENYULINGAN MINYAK JAHE (IDA HASMITA, 2016)

KAJIAN MUTU MINYAK NILAM DENGAN VARIASI LAMA PENYULINGAN (UTAMI AL CAESARIA TH, 2017)

ANALISIS KUALITAS DAN BIAYA DISTILASI MINYAK NILAM DARI KETEL DRUM BEKAS DAN DARI KETEL STAINLESS STEEL DI KABUPATEN ACEH SELATAN (TOMI MUKHTAR, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy