PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOCRATIC CIRCLES DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMA N 7 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOCRATIC CIRCLES DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMA N 7 BANDA ACEH


Pengarang

Irta Indah Puja Lestari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306103010021

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Irta Indah Puja lestari. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Socratic Circles
dengan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem
Peredaran Darah di SMA N 7 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dr. Muhibbuddin, M.S. (2) Dr. Khairil, M.Si.
Kata Kunci: Socratic Circles, Media Gambar, Sistem Peredaran Darah.

Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh penerapan model Socratic Circles
dengan media gambar untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran
Socratic Circles dengan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada materi
sistem peredaran darah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah (Quasi Eksperimen) dengan desain Pretest-Posttest Group. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 7 Banda Aceh,dan
seluruhnya dijadikan sampel penelitian. Parameter yang diukur dalam penelitian ini
adalah kemampuan awal kognitif siswa yang diukur dengan pre-test dan kemampuan
akhir kognitif siswa yang diukur dengan pos-test. Data hasil penelitian berupa skor
pre-test dan pos-test dianalisis dengan membandingkan skor rata-rata pre-test dan
pos-test dan diuji dengan uji statistik perbedaan dua rata-rata. Alat uji yang
digunakan one sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan
antara skor pre-test dan skor pos-test, yang artinya penerapan model Socratic Circles
dengan media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem
peredaran darah dikelas XI IPA SMAN 7 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK