//

ANALISIS PERFORMANSI JARINGAN 3G OPERATOR TELKOMSEL PADA DAERAH PESISIR KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE DRIVE TEST

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fajri - Personal Name
SubjectCOMMUNICATION NETWORK - ENGINEERING COMMUNICATION
DRIVE TEST METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Jaringan Third Generation (3G) diciptakan dan dikembangkan untuk memberikan layanan akses data kecepatan tinggi untuk mendukung layanan data atau internet seperti mobile broadband dan voice call untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Sebagai wujud tanggungjawab PT.Telkomsel sebagai operator dominan di Banda Aceh serta untuk menjaga kepercayaan masyarakat, maka kualitas layanan jaringan 3G perlu mejadi perhatian utama dan harus ditingkatkan. Untuk memberikan kualitas jaringan yang maksimal, perlu dilakukan analisa terhadap Received Signal Code Power (RSCP), Energy Carrier / Noise (Ec/No) dan Speech Quality Index (SQI). Ketiga parameter tersebut merupakan parameter drive test dari software TEMS Investigation 8.1.3 Data Collection yang digunakan untuk melihat kualitas jaringan 3G. Nilai tersebut direkam secara idle mode dan dedicated mode. Dari hasil penelitian ini akan digunakan untuk memetakan daerah yang memiliki cakupan layanan jaringan 3G milik PT.Telkomsel pada sepanjang wilayah pesisir Kota Banda Aceh. Dari Analisis pengukuran ini didapatkan parameter RSCP menunjukkan kualitas yang sedang dengan rata-rata sebaran kuat sinyal pada -81,00 dBm untuk kedua keadaan idle mode dan dedicated mode. Nilai Ec/No menunjukkan kualitas yang bagus dengan rata-rata sebaran -12,00 dB untuk keadaan idle mode dan -9,50 dB pada dedicated mode. SQI masih didominasi oleh kualitas yang bagus dengan rata-rata sebaran -22,00. Kata kunci: Drive test, TEMS Investigation, RSCP, Ec/No, SQI

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERFORMANSI JARINGN GSM PDA DAERAH PERBUKITAN KECAMATAN LHOONG KABUPATEN ACEH BESAR (muhammad haris satria, 2013)

PEMETAAN KUALITAS SINYAL GSM JARINGAN XL BERDASARKAN POSISI BTS MENGGUNAKAN METODE DRIVE TEST DI KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH (Maylan, 2014)

ANALISIS PENGUKURAN KINERJA AKSES DATA JARINGAN 3G MENGGUNAKAN APLIKASI G-NET TRACK PADA PONSEL ANDROID DI KAWASAN GEDUNG A2 FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Mohd. Citrawan Myza, 2013)

ANALISIS KINERJA SINYAL JARINGAN GSM MENGGUNAKAN TEMS INVESTIGATION 8.1.3 DENGAN METODE DRIVE TEST DI MUSEUM TSUNAMI ACEH (AKBAR VONNA, 2014)

ANALISIS KUALITAS LAYANAN VIDEO CALL MENGGUNAKAN APLIKASI SKYPE PADA JARINGAN LONG TERM EVOLUTION (LTE) (Owena Arishy Melala, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy