HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN LEMPAR LEMBING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2015 TAHUN AKADEMIK 2016/2017 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN LEMPAR LEMBING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2015 TAHUN AKADEMIK 2016/2017


Pengarang

Muntailah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206104020090

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) / PDDIKTI : 85201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Muntailah. 2017. Hubungan Panjang Tungkai Dengan Kemampuan Lempar Lembing Pada Mahasiswa Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah Angkatan 2015 Tahun Akademik 2016/2017. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Drs. Muhammad Jafar, M.Pd., (2) Karimuddin, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: hubungan, panjang tungkai, lempar lembing
Lempar lembing merupakan kemampuan individu melakukan gerakan melempar benda atau lembing untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya. Panjang tungkai sangat diperlukan dalam lempar lembing, karena orang yang memiliki porsi badan tinggi, biasanya diikuti dengan ukuran tungkai yang panjang, diyakini bahwa memberikan keuntungan dalam lempar lembing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan panjang tungkai dengan kemampuan lempar lembing pada mahasiswa Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah Angkatan 2015 Tahun Akademik 2016/2017.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Penjaskesrek FKIP Unsyiah angkatan 2015 yang berjumlah 85 orang, pengambilan sampel memakai teknik purposive sampling atau sample bertujuan yaitu mahasiswa yang memiliki nilai A, sehingga sampel dalam penelitian ini 27 orang mahasiswa Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah Angkatan 2015. Pengumpulan data dilakukan dengan: 1) Pengukuran panjang tungkai, dan 2) Tes Kemampuan lempar lembing. Analisis data penelitian ini menggunakan stasistik yaitu perhitungan nilai rata-rata, standar deviasi, koefisien korelasi dan uji signifikansi.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh adalah terdapat hubungan yang signifikan antara panjang tungkai dengan kemampuan lempar lembing pada mahasiswa Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah Angkatan 2015 Tahun Akademik 2016/2017, hal tersebut ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar r = 0,345.
Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara panjang tungkai dengan kemampuan lempar lembing pada mahasiswa Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah Angkatan 2015 Tahun Akademik 2016/2017.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK