//

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013-2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AZRIN ADHA - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
LEARNING OUTCOMES
MEDIA MAP
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Pengaruh, Media Peta, Hasil Belajar. Penelitian ini berjudul Pengaruh Penggunaan Media Peta Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Banda Aceh Tahun Ajaran 2013-2014. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh penggunaan media peta terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 5 Banda Aceh dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media peta terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 5 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Banda Aceh, yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan 78 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing berjumlah 20 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 75,25 dan nilai kelas kontrol adalah 60,25. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media peta terhadap hasil belajar siswa dengan nilai r(xy) = 0,89. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t, sehingga diperoleh hasil thitung = 26,09 dan ttabel = 1.68 dengan taraf signifikan 5% (α=0.05) dengan derajat kebebasan (dk) = n – 2 = 38, sehingga diperoleh thitung ≥ ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media peta memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 5 Banda Aceh pada tahun ajaran 2013-2014.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA PADA MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Anuwar, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENDA PADAT, CAIR DAN GAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 33 PEUNITI BANDA ACEH (LISA KAMISLINA, 2014)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN PETA KONSEP PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS IV SD NEGERI 20 BANDA ACEH (Suryani, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FENOMENA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 1 BANDA ACEH (ARIS MADHUHA, 2014)

PENERAPAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI HIDROLISIS GARAM RNKELAS XI SMAN 2 BANDA ACEH (syarifah asyura, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy