//

PERANCANGAN APLIKASI KUNCI IDENTIFIKASI MOLEKULER TRIBE SHOREAE (DIPTEROCARPACEAE) BERDASARKAN CPDNA MATK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aisyah Humaira - Personal Name
SubjectDIPTEROCARPACEAE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Dipterocarpaceaemerupakan salah satu famili tumbuhan terbesar di dunia. Sekitar 70% spesies dari kelompok tanaman ini mendominasi hutan-hutan tropika basah Indonesia. Famili Dipterocarpaceae memiliki kekerabatan yang sangat dekat. Hal ini menyebabkan timbulnya kendala dalam proses identifikasi secara morfologi. Seiring dengan pesatnya perkembangan biologi molekuler, proses identifikasi organisme mulai menggunakan data molekuler sebagai pendukung karakteristik morfologi. Proses identifikasi molekuler dilakukan berdasarkan variasi dan homologi pada gen suatu organisme. Untuk memudahkan proses identifikasi molekuler perlu dibangun kunci determinasi berdasarkan karakter DNA yang polimorfik. Salah satu gen yang disarankan dalam proses identifikasi tumbuhan adalah gen kloroplas matK. Atas dasar tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merancang kunci identifikasi molekuler tribe Shoreae (Dipterocarpaceae) berdasarkan karakter polimorfik pada sekuen matK. Metode penelitian diawali dengan pembuatan kunci secara deskriptif dan dilanjutkan dengan perancangan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Java dan software ClustalW2. Aplikasi ini menampilkan hasil identifikasi dalam bentuk nama spesies dari data sekuen yang diuji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kunci identifikasi molekuler yang dibangun berhasil mengidentifikasi hingga tingkat spesies sebanyak 41 spesies dan teridentifikasi hingga tingkat genus sebanyak 28 spesies. dengan akurasi 99 %. Kata kunci : Dipterocarpaceae, kunci identifikasi, matK

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS DAN REKONSTRUKSI POHON FILOGENETIK BERDASARKAN GENOM NUKLEUS DAN KLOROPLAS PADA FAMILIA DIPTEROCARPACEAE (Audina Yoeliarniza, 2017)

ANALISIS FILOGENETIK BERDASARKAN GEN RBCL DAN GEN MATK PADA SUKU DIPTEROCARPACEAE DI STASIUN PENELITIAN KETAMBE, TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER, ACEH TENGGARA (Nir Fathiya, 2018)

ANALISA FILOGENETIK FAMILI DIPTEROCARPACEAE BERDASARKAN DNA BARCODING MATK (Ulfi Maulida, 2014)

KAJIAN EKOLOGI PERMUDAANALAMI JENIS DIPTEROCARPACEAE DI STASIUN PENELITIAN KETAMBE TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER ACEH TENGGARA (Rizki Amelia, 2019)

ANALISA FILOGENETIK SUKU DIPTEROCARPACEAE BERDASARKAN GEN KLOROPLAS MATK MENGGUNAKAN ALGORITMA BAYESIAN INFERENCE (Mirna Yunita, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy