//

PENGARUH NAUNGAN TERHADAP PENETASAN TELUR PENYU DI PANTAI LAMREH, ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mushlihur Rusydi Fhunki - Personal Name
SubjectHEAT ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian berlangsung pada bulan Desember 2016 - Maret 2017. Kegiatan penelitian dilakukan di Pantai Lamreh, Aceh Besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis penyu dan naungan terhadap penetasan telur penyu di Pantai Lamreh Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial 2 faktor. Faktor yang pertama adalah jenis penyu terdiri dari atas 2 jenis yaitu penyu belimbing (Dermochelys coriacea) dan penyu lekang (Lepidochelys olivacea), faktor yang kedua adalah tipe naungan berupa naungan terbuka, naungan paranet dan naungan terpal. Parameter lingkungan pantai penetasan yang diamati adalah suhu sarang, intensitas cahaya, kelembaban sarang, kadar air sarang dan karakteristik sarang. Pasir Pantai Lamreh, kabupaten Aceh Besar memiliki pasir yang didominasi oleh pasir yang bertekstur halus yang di kategori ke jenis lanau berpasir dan terdapat genangan air payau disekitarnya. Hasil yang diperoleh bahwa rata-rata jumlah telur penyu lekang ((× ) ̅± SD) yang menetas pada naungan terbuka cenderung lebih banyak (4,33 ± 0,757 butir) dari pada naungan paranet (4,00 ± 0,632 butir) maupun naungan terpal (2,33 ± 0,427 butir). Sedangkan pada telur penyu belimbing, hanya telur pada naungan terbuka saja yang dapat menetas. Adanya resapan air payau pada lokasi penelitian menyebabkan penurunan daya tetas. Kata kunci : Dermochelys coriacea, Lepidochelys olivacea, naungan, penetasan telur, Pantai Lamreh-Aceh Besar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KARAKTERISTIK PANTAI DAN NAUNGAN SARANG TERHADAP PENETASAN TELUR PENYU LEKANG (LEPIDOCHELYS OLIVACEA) DI PANTAI SYIAH KUALA, BANDA ACEH DAN LEUPUNG, ACEH BESAR (Muhammad Hatta, 2016)

KARAKTERISTIK HABITAT BERTELUR PENYU DI PANTAI LAMREH, KABUPATEN ACEH BESAR (M.ferizal Akmal, 2018)

PENGARUH NAUNGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EMBRIO PENYU LEKANG (LEPIDOCHELYS OLIVACEA) DI LHOK PANTE TIBANG SYIAH KUALA, BANDA ACEH (Fitri Rianda, 2017)

DETERMINASI SEKS EMBRIO PENYU LEKANG (LEPIDOCHELYS OLIVACEA) DI PANTAI KOTA BANDA ACEH DAN KABUPATEN ACEH BESAR (Febrina Hamaryandha, 2017)

KAJI PENGARUH PEMBALIKAN TELUR TERHADAP PERSENTASE PENETASAN PADA INKUBATOR (M RAJA FAZIL, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy