//

KOMBINASI PATI JANENG-KITOSAN DENGAN BAHAN PENGAWET ALAMI KUNYIT DAN ASAM ASKORBAT SEBAGAI EDIBLE COATING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KHAIRANI - Personal Name
SubjectESSENTIAL OILS - CHEMICAL ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Edible coating merupakan salah satu solusi dalam pengawetan makanan saat ini. Pada penelitian ini dibuat edible coating dari komposit edible film pati janeng-kitosan-pengawet alami (kunyit dan asam askorbat) yang diaplikasikan terhadap bakso dan keju. Komposisi terbaik dari komposit edible film dengan perbandingan pati-kitosan-kunyit (1,2% : 0,4% : 0,375%) dan pati-kitosan-asam askorbat (1,2% : 0,4% : 0,5%) yang diperoleh berdasarkan uji kuat tarik, elongasi dan warna digunakan sebagai aplikasi edible coating. Uji antimikrobial menunjukkan edible film yang dikombinasikan dengan kunyit dan asam askorbat mampu menghambat pertumbuhan bakteri E. Coli dengan diameter zona hambat yang lebih besar daripada edible film pati janeng-kitosan yaitu masing-masingnya 7 mm. Pelapisan sampel keju dengan edible coating mampu menurunkan jumlah pertumbuhan mikroba, menghambat terjadinya oksidasi lemak hingga 50% dan memperkecil kenaikan kadar air hingga 41,17% selama 3 bulan penyimpanan dibandingkan dengan keju yang tidak dilapisi edible coating, sedangkan coating pada sampel bakso mampu memperkecil kenaikan kadar air hingga 20,76%, analisis sensori terhadap sampel bakso yang dilapisi edible coating dari segi aroma, tekstur dan warna menyarankan bahwa bakso yang dilapisi lebih baik dibandingkan bakso yang tidak dilapisi setelah penyimpanan selama 3 hari. Kata kunci: Edible coating, pati janeng, kitosan, kunyit, asam askorbat, antimikroba

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

REVIEW: KARAKTERISTIK EDIBLE FILM DAN EDIBLE COATING BERBASIS PATI DAN PEKTIN SERTA PENGAPLIKASIANNYA PADA BUAH-BUAHAN (SALSA MIFTADESVA, 2021)

PEMANFAATAN ASAP CAIR DARI SEKAM PADI SEBAGAI PENGAWET BAKSO (Hera Desvita, 2020)

PENGARUH EDIBLE COATING DARI KITOSAN DENGAN KONSENTRASI BERBEDA TERHADAP KEUMAMAH SELAMA MASA PENYIMPANAN (, 2018)

PENGARUH APLIKASI EDIBLE COATING GELATIN KULIT IKAN TUNA DAN KITOSAN TERHADAP KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA BUAH APEL POTONG (MALUS DOMESTICA) (Moeharridha, 2021)

ANALISIS BIOPLASTIK DARI PATI BERAS HITAM (ORYZA SATIVA L. INDICA) - KITOSAN MENGGUNAKAN PEMLASTIS REFINED BLEACHED DEODORIZED PALM OIL (RBDPO) SEBAGAI BAHAN EDIBLE FILM (Firawansyah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy