PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MOTIVASI ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI SMA NEGERI 1 SUKAMAKMUR, ACEH BESAR. | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MOTIVASI ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI SMA NEGERI 1 SUKAMAKMUR, ACEH BESAR.


Pengarang

Tri Tahirah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306103010024

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Tahirah, Tri. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Menggunakan Strategi Motivasi Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Gerak Manusia di SMA Negeri 1 Sukamakmur, Aceh Besar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Muhibbuddin M.S., (2) Dr. Khairil, M.Si.

Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Sistem Gerak, SMA Negeri 1 Sukamakmur.
Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dengan menggunakan strategi motivasi ARCS terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak di SMA Negeri 1 Sukamakmur, Aceh Besar. Metode penelian ini meggunakan quasy experiment dengan desain pretest dan posttest group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sukamakmur, sampelnya adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah kemampuan awal kognitif siswa yang diukur dengan pretest dan kemampuan akhir kognitif siswa yang diukur dengan posttest. Data hasil penelitian ini berupa skor pretest dan skor posttest yang dianalisis dengan membandingkan skor rata-rata pretest dengan skor rata-rata posttest dan diuji statistik perbedaan dua rata-rata. Alat uji yang digunakan adalah one sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan antara skor pretest dan skor posttest, yang berarti adanya pengaruh penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dengan menggunakan strategi motivasi ARCS terhadapat hasil belajar siswa pada materi sistem gerak manusia di SMA Negeri 1 Sukamakmur.





Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK