//

PENGARUH KUALIFIKASI KONTRAKTOR TERHADAP KUALITAS PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZUHRI - Personal Name
SubjectCONSTRUCTION
ROADS - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

PENGARUH KUALIFIKASI KONTRAKTOR TERHADAP KUALITAS PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BANDA ACEH Oleh: Zuhri NIM. 1509200060113 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Ir. M. Isya, MT 2. Dr. Hafnidar A. Rani, ST, MM ABSTRAK Jumlah perusahaan kontraktor khususnya pada bidang jalan setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang diperoleh dari website LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi) Provinsi Aceh Tahun 2016, menunjukkan bahwa dari 2.717 perusahaan kontraktor bidang jalan yang ada di Provinsi Aceh, sebanyak 1% diantaranya merupakan kualifikasi besar, 10% kualifikasi menengah dan 89% kualifikasi kecil. Permasalahannya adalah dari peningkatan jumlah perusahaan kontraktor bidang jalan di Provinsi Aceh, ternyata belum diikuti dengan peningkatan kualifikasi dan kinerja. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari kualitas pekerjaan, ketepatan waktu penyelesaian pelaksanaan, dan efisiensi pemanfaatan sumber daya personil, modal, dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dan pengaruh antara faktor-faktor kualifikasi perusahaan kontraktor terhadap kualitas proyek konstruksi jalan, serta untuk mengetahui faktor dominan pada kualifikasi perusahaan kontraktor yang mempengaruhi kualitas proyek konstruksi jalan di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner, dimana respondennya ditujukan pada 90 perusahaan kontraktor bidang jalan. Perusahan kontraktor tersebut telah melaksanakan proyek mulai dari tahun 2010-2016, dengan sumber dana yang berasal dari APBA. Variabel bebas yang ditinjau adalah faktor-faktor kualifikasi kontraktor yang terdiri dari faktor legal, faktor teknik, dan faktor administrasi, sedangkan variabel terikat adalah kualitas proyek konstruksi jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor legal, teknik, dan adminitrasi semuanya mempunyai hubungan yang sangat tinggi terhadap kualitas proyek konstruksi jalan di Kota Banda Aceh. Faktor-faktor kualifikasi perusahaan kontraktor semuanya berpengaruh signifikan terhadap kualitas proyek konstruksi jalan di Kota Banda Aceh sebesar 91,6%. Faktor dominan pada kualifikasi perusahaan kontraktor yang mempengaruhi kualitas proyek konstruksi jalan di Kota Banda Aceh adalah faktor teknik. Hal ini menunjukkan bahwa bila faktor teknik ditingkatkan oleh kontraktor, maka kualitas proyek konstruksi jalan akan semakin meningkat. Kata Kunci: Kualifikasi kontraktor, kualitas, proyek jalan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGARUH PENERAPAN KONSEP GREEN ROADS TERHADAP MANAJEMEN LIMBAH PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BANDA ACEH (FAJRI PUTRA UTAMA, 2018)

PENGARUH QUALITY MANAGEMENT TERHADAP DAYA SAING KONTRAKTOR PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI KOTA BANDA ACEH (, 2016)

IDENTIFIKASI FAKTOR DOMINAN RISIKO BIAYA PADA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI BANDA ACEH (YOSI ARMIDA, 2020)

TINGKAT PEMAHAMAN DALAM PENERAPAN KONSEP KONSTRUKSI HIJAU (GREEN CONSTRUCTION) OLEH KONTRAKTOR PADA PELAKSANAAN KONSTRUKSI DI KOTA BANDA ACEH (Irham Teguh, 2015)

HUBUNGAN KUALIFIKASI KONTRAKTOR DENGAN KUALITAS PEKERJAAN PROYEK KONSTRUKSI DI KOTA BANDA ACEH (Mujiburrahmad Shadly, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy