//

DIAGNOSA SURRA (TRYPANOSOMA EVANSI) DENGAN METODE MODIFIKASI MHCT PADA DARAH SAPI DI RPH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ditta Ayu Wulandari - Personal Name

Abstrak/Catatan

DIAGNOSA SURRA (Trypanosoma evansi) DENGAN METODE MODIFIKASI MHCT PADA DARAH SAPI DI RPH BANDA ACEH ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi Trypanosoma evansi menggunakan metode modifikasi MHCT (Microhematocrit Centrifugation Technique) dengan pengambilan buffy coat darah sapi yang disentrifus dengan menggunakan darah sapi yang di potong di RPH Banda Aceh. Sebanyak 100 sampel darah segar sapi yang dicampur dengan antikoagulan digunakan untuk penelitian ini. Dari masing-masing darah sapi tersebut disentrifus sebanyak 1 ml dengan kecepatan 3000 g. Buffy coat yang terbentuk dimasukkan ke dalam tabung eppendorf, dihomogenkan, lalu dimasukkan ke dalam tabung hematokrit sebanyak ¾ tabung dan disentrifus dengan kecepatan 12.000 rpm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode secara parasitologi yaitu metode modifikasi MHCT memiliki kemampuan mendiagnosa lebih baik dan mendapatkan jumlah T. evansi yang lebih banyak daripada metode MHCT dan metode ulas darah tipis. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode modifikasi MHCT lebih baik untuk mendiagnosa T. evansi dari pada metode MHCT dan metode ulas darah tipis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DIAGNOSA SURRA (TRYPANOSOMA EVANSI ) DENGAN METODE MODIFIKASI MHCT PADA DARAH KERBAU DI RPH BANDA ACEH DAN ACEH BESAR (FIRDAUS, 2019)

KONFIRMASI TRYPANOSOMA EVANSI PADA SAPI YANG DIPOTONG DI RPH KOTA BANDA ACEH DENGAN METODE PCR (POLYMERASE CHAIN REACTION) (Dektesya Mahayu Kasih, 2019)

DIAGNOSIS SURRA (TRYPANOSOMA EVANSI ) DENGAN METODE MHCT DAN INDIRECT ELISA PADA KUDA DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Sri Wulan Handayani L.Tobing, 2019)

PENENTUAN SPESIES TRYPANOSOMA EVANSI ASAL KERBAU DAN SAPI DENGAN METODE LAMP PCR (NURUL ASILA, 2017)

PENGEMBANGAN METODE ELISA DIAGNOSA SURRA MENGGUNAKAN TRYPANOSOMA EVANSI ISOLAT ACEH (DWIVA MONIKA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy