Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PERSEPSI GURU EKONOMI TERHADAP KURIKULUM 2013 EDISI REVISI DI SMA NEGERI BANDA ACEH
Pengarang
Riska Susanti - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1306101030008
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Susanti, Riska. 2017. Persepsi Guru Ekonomi terhadap Kurikulum 2013 Edisi Revisi di SMA Negeri Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:
(1) Dra. Sakdiyah, M.Si (2) Dr. Nazaruddin, SE,. M.Ed,.
Kata Kunci: Persepsi, Kurikulum 2013 Edisi Revisi
Penelitian ini berjudul “Persepsi Guru Ekonomi terhadap Kurikulum 2013 Edisi Revisi di SMA Negeri Banda Aceh” yang bertujuan untuk mengetahui persepsi guru ekonomi SMA Negeri Banda Aceh terhadap Kurikulum 2013 edisi revisi dan kendala-kendala dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru SMA Negeri 3 Banda Aceh, SMA Negeri 9 Banda Aceh, dan SMA Negeri 14 Banda Aceh, sedangkan sumber data adalah pada SMA Negeri 3 Banda Aceh ada 2 guru, SMA Negeri 9 Banda Aceh ada 3 guru, dan SMA Negeri 14 Banda Aceh ada 1 guru. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penelitian kepustakaan, penelitian lapangan yang berupa observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik pada penelitian kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan dilaksanakannya kurikulum 2013 edisi revisi tidak menjadi masalah bagi para guru SMA Negeri Banda Aceh, karena dari segi penilaian kurikulum 2013 edisi revisi jauh lebih sederhana, penilaian sikap lebih banyak dilakukan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, pemberian nilai sikap yang diberikan oleh guru mata pelajaran selaian PAI dan PPKn cukup hanya mencatat perkembangan sikap, dalam bentuk deskriptif. Kendala pelaksanaan yang terjadi pada kurikulum 2013 edisi revisi yang dihadapi guru SMA Negeri Banda Aceh adalah pelatihan yang masih sangat minim, sumber belajar (buku) yang belum memadai, dan tidak lengkapnya materi-materi yang dibutuhkan.
?
Tidak Tersedia Deskripsi
MANAJEMEN SEKOLAH DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN 1 ACEH BESAR (AULIA RAHAYU, 2018)
KESESUAIAN FORMAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (REVISI) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA KABUPATEN BENER MERIAH (Sinta Shapriana Dewi, 2018)
ANALISIS SOAL UJI KOMPETENSI ARITMATIKA SOSIAL DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VII EDISI REVISI 2017 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM (Mulia Nidar, 2021)
PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (RISNA ZULVA, 2014)
PERSEPSI GURU TENTANG MATA PELAJARAN SBDP DALAM KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 12 BANDA ACEH (INA NILLAILI, 2018)