PERSEPSI GURU EKONOMI TERHADAP KURIKULUM 2013 EDISI REVISI DI SMA NEGERI BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERSEPSI GURU EKONOMI TERHADAP KURIKULUM 2013 EDISI REVISI DI SMA NEGERI BANDA ACEH


Pengarang

Riska Susanti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306101030008

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Susanti, Riska. 2017. Persepsi Guru Ekonomi terhadap Kurikulum 2013 Edisi Revisi di SMA Negeri Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:

(1) Dra. Sakdiyah, M.Si (2) Dr. Nazaruddin, SE,. M.Ed,.

Kata Kunci: Persepsi, Kurikulum 2013 Edisi Revisi
Penelitian ini berjudul “Persepsi Guru Ekonomi terhadap Kurikulum 2013 Edisi Revisi di SMA Negeri Banda Aceh” yang bertujuan untuk mengetahui persepsi guru ekonomi SMA Negeri Banda Aceh terhadap Kurikulum 2013 edisi revisi dan kendala-kendala dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru SMA Negeri 3 Banda Aceh, SMA Negeri 9 Banda Aceh, dan SMA Negeri 14 Banda Aceh, sedangkan sumber data adalah pada SMA Negeri 3 Banda Aceh ada 2 guru, SMA Negeri 9 Banda Aceh ada 3 guru, dan SMA Negeri 14 Banda Aceh ada 1 guru. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penelitian kepustakaan, penelitian lapangan yang berupa observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik pada penelitian kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan dilaksanakannya kurikulum 2013 edisi revisi tidak menjadi masalah bagi para guru SMA Negeri Banda Aceh, karena dari segi penilaian kurikulum 2013 edisi revisi jauh lebih sederhana, penilaian sikap lebih banyak dilakukan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, pemberian nilai sikap yang diberikan oleh guru mata pelajaran selaian PAI dan PPKn cukup hanya mencatat perkembangan sikap, dalam bentuk deskriptif. Kendala pelaksanaan yang terjadi pada kurikulum 2013 edisi revisi yang dihadapi guru SMA Negeri Banda Aceh adalah pelatihan yang masih sangat minim, sumber belajar (buku) yang belum memadai, dan tidak lengkapnya materi-materi yang dibutuhkan.

?

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK