PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI STATISTIKA MENGGUNAKAN ELPSA (EXPERIENCE, LANGUAGE, PICTORIAL, SYMBOL AND APPLICATION) FRAMEWORK PADA SISWA SMP | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI STATISTIKA MENGGUNAKAN ELPSA (EXPERIENCE, LANGUAGE, PICTORIAL, SYMBOL AND APPLICATION) FRAMEWORK PADA SISWA SMP


Pengarang

RAIHAN - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1509200160036

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Study Magister Matematika FKIP Unsyiah., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Raihan. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Statistika Menggunakan ELPSA (Experience, Language, Pictorial, Symbol and Application) Framework pada Siswa SMP.

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kecakapan atau kemahiran matematika yang diharapkan dapat tercapai dalam belajar matematika. Perangkat pembelajaran merupakan salah satu faktor pendukung kesuksesan dalam pembelajaran. Dilapangan ditemukan bahwa guru masih membutuhkan perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika materi statistika, sehingga diperlukan suatu pengembangan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran menggunakan ELPSA framework yang valid, praktis dan efektif. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Takengon yang berjumlah 23 siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri atas tahap Preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Validitas perangkat dinilai dengan penilaian yang diberikan oleh validator yang terdiri 2 orang ahli pendidikan, 2 orang praktisi dan 2 orang alumni program studi magester pendidikan matematika yang juga mengembangkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan ELPSA framework. Nilai rata-rata yang diberikan para validator terhadap RPP adalah 4,2, LKPD adalah 4,1 dan THB adalah 4,5, sehingga RPP, LKPD dan THB memenuhi kriteria sangat valid. Kepraktisan dilihat berdasarkan keterlaksanaan perangkat yang dikembangkan memenuhi kategori sangat tinggi yaitu dengan nilai rata-rata setiap pertemuan adalah 97% yang menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada kriteria sangat baik. Keefektifan dinilai berdasarkan tes hasil belajar yang menyatakan 87% siswa memperoleh nilai mencapai ketuntasan dari nilai KKM dan respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran materi statistika menggunakan ELPSA framework yang terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar kegiatan peserta didik (LKPD) dan Tes Hasil Belajar (THB) memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Kata kunci: Perangkat pembelajaran, ELPSA framework, pembelajaran statistika.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK