KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING


Pengarang

CUT ARDHILLA PUTRI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1509200160042

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Cut Ardhilla Putri (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kecemasan Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Brain Based Learning.

Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa masih rendah dan kurang mendapatkan perhatian dalam pelaksanaan pembelajaran matematika. Selain itu, kecemasan matematis juga mempengaruhi keberhasilan belajar matematika, namun saat ini tingkat kecemasan matematis pada diri siswa masih tinggi. Hal ini memerlukan suatu upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan mengatasi kecemasan matematis siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Brain Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan berpikir kreatif melalui model pembelajaran Brain Based Learning. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kecemasan matematis siswa melalui model pembelajaran Brain Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang melibatkan 30 siswa kelas VIII-1 di SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kreatif, angket kecemasan matematis dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran Brain Based Learning mengalami perkembangan. Kemampuan berpikir kreatif siswa untuk indikator kelancaran dan keluwesan mengalami perkembangan yang baik pada tiap-tiap pertemuan. Pada indikator keaslian dan elaborasi mengalami kemunduran pada pertemuan kedua dan kembali mengalami perkembangan yang baik untuk pertemuan-pertemuan selanjutnya. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kecemasan matematis yang dialami siswa selama pembelajaran melalui model Brain Based Learning berbeda-beda, ada siswa yang mengalami kecemasan matematis pada kriteria tingkat kecemasan ringan, dimana kecemasan pada tingkat ini yang diperlukan dalam pembelajaran matematika, sedangkan sebagian kecil siswa yang lain masih mengalami kecemasan pada kriteria tingkat sedang selama pembelajaran matematika melalui model Brain Based Learning.

Kata Kunci: Kemampuan berpikir kreatif matematis, Kecemasan matematis, Brain
Based Learning


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK