//

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CHALLENGE BASED LEARNING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HAYATUN NUFUS - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
STUDY METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hayatun Nufus. 2017. Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Confidence siswa dalam Matematika Melalui Pendekatan Challenge Based Learning Kurikulum saat ini menekankan guru untuk lebih mengembangkan kemampuan pada diri siswa supaya siswa dapat belajar bermakna dalam memahami matematika. Salah satu kemampuan tersebut adalah kemampuan berpikir kreatif. Namun kemampuan berpikir kreatif matematis siswa umumnya masih rendah. Disamping kemampuan berpikir kreatif matematis, terdapat pula faktor lain yang turut memberikan kontribusi terhadap keberhasilan siswa dalam memahami matematika, yaitu self confidence. Untuk itu diperlukan suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self confidence siswa. Pembelajaran CBL adalah pendekatan dimana siswa tidak hanya dituntut untuk dapat menemukan solusi dalam permasalahan yang diberikan saja, tetapi siswa juga dituntut untuk percaya pada kemampuan dirinya sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif dan self confidence siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang yang dipilih dari 21 siswa kelas VII-Inti MTsN 2 Pidie Jaya. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan berpikir kreatif, angket self confidence dan pedoman wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa 5 dari 6 subjek memenuhi minimal tiga indikator Kemampuan berpikir kreatif. Secara keseluruhan self confidence siswa baik setelah diterapkannya pendekatan CBL. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pendekatan CBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan self confidence siswa. Kata kunci: Challenge Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif, Self Confidence.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (CUT ARDHILLA PUTRI, 2018)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATISSISWA SMK MELALUI PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM (Teuku Julizal, 2021)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMP NEGERI 1 DARUL MAKMUR NAGAN RAYA (Muhammad Arifin, 2020)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMA (YUVERNI SELVY, 2018)

PENERAPAN MODEL ELICITING ACTIVITIES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMA (Yuli Amalia, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy