HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI KELAS VIII SMP NEGERI 13 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI KELAS VIII SMP NEGERI 13 BANDA ACEH


Pengarang

YENNY JUWITA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306103020070

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Juwita, Yenny. 2017. Hasil Belajar Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruandan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dra. Bintang Zaura, M.Pd., (2) Suhartati, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil belajar, persamaan garis lurus, model pembelajaran kooperatif tipe TAI

Hasil belajar merupakan pencapaian setiap siswa yang melaksanakan proses belajar dan dapat dilihat setelah kegiatan pembelajaran selesai. Hasil belajar yang baik dapat diperoleh salah satunya melaluipenerapan model pembelajaran yang sesuaidengan karakteristik siswa serta dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Model pembelajaran kooperatif tipe TAI merupakan model pembelajaran yang mengkombinasikan pembelajaran secara individu dan berkelompok dengan tujuan untuk membantu siswa yang kesulitan belajar secara individu. Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai hasil belajar siswa pada materi Persamaan Garis Lurus melalui model kooperatif tipe TAI dan sebagai pendukungnya peneliti juga mengangkat permasalahan mengenai aktivitas siswa selama pembelajaran dan respon siswa terhadap model tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa materi Persamaan Garis Lurus melalui model kooperatif tipe TAI serta untuk mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran dan respon siswa terhadap model tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIdi SMP Negeri 13 Banda Aceh dan yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas VIII-5 yang terdiri dari 28 orang siswa yang dipilih secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, serta angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi Persamaan Garis Lurus melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI di kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh dapat mencapai kategori baik.Aktivitas siswa selama pembelajaran sudah baik dan siswa juga dapat terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, siswa juga memberikan respon positif terhadap model kooperatif tipe TAI yang diterapkan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK