//

PERSEPSI MAHASISWA CALON GURU SEJARAH FKIP UNSYIAH TENTANG PEMANFAATAN SITUS BERSEJARAH KERKHOF SEBAGAI SUMBER BELAJAR PERANG KOLONIAL BELANDA DI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SARINA - Personal Name
SubjectHISTORY
Bahasa Indonesia

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sarina. 2017. Persepsi Mahasiswa Calon Guru Sejarah FKIP Unsyiah tentang Pemanfaatan Situs Bersejarah Kerkhof Sebagai Sumber Belajar Perang Kolonial Belanda di Aceh”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Teuku Abdullah, SH. MA (2) Drs. Anwar Yoesoef, M.Si Kata Kunci: Persepsi, Mahasiswa Calon Guru Sejarah, Kerkhof, Sumber Belajar. Kerkhof merupakan situs sejarah yang terletak di Kota Banda Aceh. Sebagai situs bersejarah, Kerkhof memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar Perang Kolonial Belanda di Aceh bagi siswa sekolah menengah maupun bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “persepsi mahasiswa calon guru sejarah FKIP Unsyiah tentang pemanfaatan situs bersejarah Kerkhof sebagai sumber belajar perang kolonial Belanda di Aceh. Dalam penelitian pendekatan yang digunakan ialah kualitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 17 orang yang diambil dengan teknik Random Sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan analisa data dilakukan dengan pengolahan distribusi frekuensi dan metode historiografi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa persepsi mahasiswa tentang pemanfaatan Situs Kerkhof sebagai sumber belajar perang kolonial Belanda di Aceh, antara lain : 47% mahasiswa menyatakan setuju bahwa Situs Kerkhof memberikan gambaran nyata sejarah perang kolonial Belanda di Aceh sehingga memperjelas apa yang diperoleh pada perkuliahan di kelas, 53% mahasiswa menyatakan bahwa Situs Kerkhof merupakan bukti sejarah dari perang kolonial Belanda di Aceh yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar perang kolonial Belanda di Aceh secara langsung sehingga pembelajaran materi tersebut lebih bermakna; serta 41% mahasiswa berpendapat bahwa pembelajaran Perang kolonial Belanda di Aceh dengan kunjungan langsung ke situs Kerkhof merupakan pembelajaran pembelajaran kontekstual yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap sejarah perang kolonial Belanda.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI SISWA TERHADAP MAHASISWA PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PRODI PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNSYIAH DI SMA/MA DALAM KOTA BANDA ACEH (Putri Zurlinda, 2018)

PENINGGALAN KOLONIAL BELANDA DI KOTA BANDA ACEH PADA MASA REVOLUSI KEMERDEKAAN, 1945-1949 (Farhan Fadillah, 2020)

PENGARUH PEMIKIRAN TEUNGKU CHIK KUTA KARANG TERHADAP PERANG BELANDA DI ACEH 1873-1912 (MARJAN FITRA, 2017)

PERAN BALAI PELESTARIAN CAGAR BUDAYA (BPCB) ACEH DALAM PELESTARIAN SITUS-SITUS BERSEJARAH DI KOTA BANDA ACEH (1990-2015) (Oga Umar Dhani, 2017)

MINAT MAHASISWA SEJARAH TERHADAP PRODI PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Isnawati, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy