//

KAJIAN DAMPAK RISIKO TERHADAP BIAYA PROYEK KONSTRUKSI PADA PERUSAHAAN KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riza Sachfan - Personal Name
SubjectESTIMETES-BUILDING CONSTRUCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Proyek konstruksi umumnya bersifat unik dan dinamis yang pada pelaksanaannya dipengaruhi oleh waktu, biaya, tenaga kerja, peralatan material, biaya, dan metode kerja. Oleh karena itu, pada proyek konstruksi akan muncul kemungkinan terjadinya ketidakpastian pada proses pelaksanaannya. Kejadian risiko di Kabupaten Aceh Tengah ditinjau pada tiga masa yang berbeda yaitu konflik (sebelum tahun 2005), rehabilitasi dan rekonstruksi (tahun 2005 – 2009) dan pasca rehabilitasi rekonstruksi (tahun 2010 – sekarang). Masalah ketidakpastian ini dapat menjadikan proyek terlambat dan mengalami kerugian. Pelaksanaan proyek konstruksi menghadapi berbagai dampak dari sejumlah bentuk risiko, terkait dengan biaya pelaksanaan proyek. Keterlambatan dalam pekerjaan suatu proyek konstruksi berakibat meningkatnya pembiayaan proyek tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka pokok permasalahan yang dibahas dalam penulisan ini adalah apa saja dampak dari risiko yang mempengaruhi biaya proyek konstruksi dan seberapa besar pengaruhnya bagi kontraktor pelaksana yang berdomisili di Kabupaten Aceh Tengah, selama tiga masa tinjauan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui variable yang mempunyai dampak risiko terhadap biaya konstruksi yang paling dominan bagi pelaksana proyek konstruksi. Pengumpulan data diperoleh dari penyebaran kuisioner ke 38 perusahaan kualifikasi kecil & menengah yang berdomisili di Kabupaten Aceh Tengah. Pengujian instrumen kuisioner dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengolahan data menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan data yang telah dikumpulkan. Analisis yang digunakan adalah severity index (SI) untuk mengetahui dampak risiko biaya proyek konstruksi yang dominan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa persentase dari nilai rata-rata mean dapat dianggap merupakan dampak yang paling dominan terhadap periode waktu masa konflik untuk dampak risiko biaya konstruksi dibandingkan dengan masa lainnya. Analisis severity index (SI) menunjukkan bahwa ada 5 (lima) variabel risiko yang mempunyai dampak terhadap biaya konstruksi yang paling tinggi dan terjadi pada ketiga masa waktu tinjauan, yaitu: pungutan tidak resmi, kenaikan harga material, pencurian material, kenaikan harga BBM dan kelangkaan bahan bakar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI FAKTOR DOMINAN RISIKO BIAYA PADA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI BANDA ACEH (YOSI ARMIDA, 2020)

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR RISIKO BAGI KONTRAKTOR KECIL DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Syahsan Nazary, 2016)

IDENTIFIKASI KEMUNGKINAN TERJADINYA RISIKO PADA PROYEK KONSTRUKSI DI KABUPATEN ACEH BARAT (Yanang Prastikniya A, 2017)

ANALISIS DAMPAK RISIKO TERHADAP BIAYA KONSTRUKSI BAGI KONTRAKTOR PELAKSANA PROYEK KONSTRUKSI DI PROVINSI ACEH (MUTIA OKTAVIATI, 2017)

PADA PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG (RIFAT ADITYA HAWARI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy