//

KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF DAN KOMPETENSI STRATEGIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Darwani - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
STUDENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Darwani (2018). Kemampuan Penalaran Adaptif dan Kompetensi Strategis Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal non-routin masi belum seperti yang diharapkan. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman yang diterima siswa dengan konsep yang sudah dipelajari sebelumnya serta lingkungan sehari-hari siswa. Keadaan tersebut menyebabkan rendahnya kemampuan penalaran adaptif dan kompetensi strategis siswa. Solusi yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan penalaran adaptif dan kompetensi strategis siswa adalah melalui model Problem Based Learning (PBL). Model PBL merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada masalah di mana siswa diberikan masalah non-routin yang berhubungan dengan lingkungannya sehingga memacu daya nalar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi kemampuan penalaran adaptif siswa melalui model PBL. Selanjutnya untuk mengidentifikasi kemampuan kompetensi strategis siswa melalui model PBL. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 MTsN 4 Banda Aceh yang berjumlah enam orang. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan penalaran adaptif dan kompetensi strategis serta pedoman wawancara semi terstruktur. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran adaptif siswa melalui model PBL telah mencapai kategori sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan pencapaian sebagian besar siswa terhadap semua indikator penalaran adaptif. Selain itu, kompetensi strategis siswa melalui model PBL telah mencapai kategori baik. Dua dari tiga indikator telah dipenuhi oleh semua siswa, yaitu memahami masalah dan menyajikan masalah matematika ke dalam berbagai bentuk dan memilih rumus, pendekatan dan atau metode yang tepat untuk memecahkan masalah. Hanya satu indikator yang tidak terpenuhi, yaitu memeriksa kebenaran penyelesaian masalah yang telah diperoleh. Kata Kunci: Penyajian Data, Model PBL, Kemampuan Penalaran Adaptif dan Kompetensi Strategis

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN UPAYA GURU MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP (SITI RAHMAH, 2019)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING (Listika Burais, 2016)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DI MTSS LAM UJONG ACEH BESAR (LINDA ANDALIA, 2020)

INVESTIGATING STUDENTS’ MOTIVATION AND PROBLEMS TOWARD THE USE OF ZOOM PLATFORM IN TEACHING AND LEARNING ENGLISH PROCESS DURING COVID-19 PANDEMIC (Zuhratul Aini, 2021)

PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNSI ALAJABAR DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Fitria Rahmita Sari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy