//

STABILISASI TANAH LEMPUNG DESA LIMPOK DENGAN ABU JERAMI PADI TERHADAP NILAI CBR TERENDAM (SOAKED)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hilyatul Ulya - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tanah lempung merupakan tanah yang memiliki daya dukung rendah dan kembang susut yang tinggi. Tanah yang tersedia di alam sering tidak dapat langsung digunakan, karena secara alamiah tanah memiliki sifat-sifat fisis dan mekanis tertentu yang terbatas. Oleh karena itu diperlukan suatu stabilisasi agar nilai CBR menjadi lebih baik sehingga dapat digunakan sebagai tanah dasar dalam suatu konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat-sifat tanah serta pengaruh penambahan abu jerami padi yang digunakan sebagai bahan stabilisasi terhadap nilai CBR (California Bearing Ratio) tanah lempung. Pengujian yang dilakukan meliputi pengujian berat jenis, batas cair, batas plastis, pembagian butiran, pengujian pemadatan, dan pengujian CBR rendaman (Soaked). Tanah yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari Desa Limpok Kecamatan Darussalam. Serbuk yang digunakan berupa abu jerami padi yang diperoleh dari Desa Limpok Kecamatan Darussalam. Tanah tersebut menurut klasifikasi AASHTO tergolong jenis tanah lempung dengan simbol kelompok A-7-5 menurut sistem USCS pada setiap variasi campuran abu jerami padi termasuk kelompok OH dengan indeks plastisitasnya sebesar 24,77%. Persentase penambahan abu jerami padi yaitu 0%, 5%, 10%, 15%, 20% terhadap berat kering tanah. Hasil pengujian proctor tanpa campuran didapat nilai OMC (Optimum Moisture Content) 24,333% dengan berat isi kering (Ɣd) 1,44gr/cm³. Hasil pengujian CBR memperlihatkan bahwa nilai CBR terendam dari 0% sampai 20% yaitu 1,27%, 2,40%, 2,87%, 3,16%, 3,02%. Dengan demikian penggunaan limbah abu jerami padi dalam penelitian ini cukup efektif untuk menaikkan nilai CBR terendam pada variasi campuran 5% sampai 20% sehingga dapat digunakan untuk konstruksi di lapangan. Kata kunci : tanah lempung, stabilisasi tanah, abu jerami padi, CBR rendaman (Soaked)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STABILISASI TANAH LEMPUNG DESA LIMPOK, KECAMATAN DARUSSALAM DENGAN ABU JERAMI PADI TERHADAP NILAI KEPADATAN (Zulfan Efendi, 2018)

STABILISASI TANAH LEMPUNG DESA LIMPOK DENGAN ABU JERAMI PADI TERHADAP PARAMETER KUAT GESER MENGGUNAKAN ALAT UJI GESER LANGSUNG (DIRECT SHEAR) (Rini Agustia, 2018)

ANALISIS PENGARUH PENCAMPURAN LIMBAH ABU JERAMI PADI TERHADAP NILAI KOEFISIEN PERMEABILITAS TANAH LEMPUNG DESA LIMPOK KECAMATAN DARUSSALAM (Suryadi, 2018)

ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN CANGKANG KEMIRI TERHADAP NILAI CBR TERENDAM (SOAKED) TANAH LEMPUNG DESA LIMPOK KECAMATAN DARUSSALAM (Wawan Syahputra, 2018)

ANALISIS PENGARUH PENCAMPURAN LIMBAH KERAMIK TERHADAP NILAI CBR TERENDAM (SOAKED) TANAH LEMPUNG DESA LIMPOK KECAMATAN DARUSSALAM (Ramadhana, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy