//

APLIKASI SISTEM HYBRID ANAEROBIK-ELEKTROKOAGULASI PENGOLAHAN LIMBAH CAIR PABRIK KELAPA SAWIT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aula Chairunnisak - Personal Name
SubjectLIQUID WASTE - TECHNOLOGY
WASTES TECHNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Kimia Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dalam penelitian ini, limbah cair pabrik kelapa sawit diolah menggunakan sistem elektrokoagulasi (menggunakan elektroda besi dan aluminium) dan elektrofenton. Studi ini memvariasikan berbagai jenis elektroda, voltase, waktu operasi, konsentrasi elektrolit dan volume H2O2. Pengaruh dari jenis elektroda, voltase, waktu operasi, konsentrasi elektrolit dan volume H2O2 menentukan efisiensi dari penurunan COD dan TSS yang diolah menggunakan Response Surface Method Box Behnken Design pada proses. Model yang paling sesuai pada kondisi yang telah ditetapkan pada penelitian ini terhadap persentase penurunan COD adalah model kuadratik dengan nilai R2 adalah pada proses elektrokoagulasi dengan elektroda besi, aluminium dan elektrofenton masing-masing adalah 0,9829; 0,9890; dan 0,9447. Untuk penurunan TSS pada ketiga proses tersebut juga mengikuti model kuadratik dengan R2 pada masing-masing proses adalah 0,9715; 0,9763; dan 0,9294. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan COD maksimum diperoleh pada metode elektrofenton dengan reduksi COD sebesar 99,3 % dengan variabel proses waktu 45 menit, voltase 10 volt, konsentrasi elektrolit 0,5 M dan volume H2O2 10 ml. Penurunan TSS maksimum diperoleh pada elektrokoagulasi menggunakan elektroda Al dengan variabel proses waktu 30 menit, voltase 15 volt, konsentrasi elektrolit 0,5 M yaitu sebesar 99,15%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kombinasi sistem ponding dengan elektrokoagulasi dan elektrofenton dapat digunakan untuk mengolah limbah cair pabrik kelapa sawit. Keywords: limbah cair pabrik kelapa sawit, ponding system, elektrokoagulasi, elektrofenton, elektroda, response surface method, box behnken

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI SISTEM HYBRID ANAEROBIK-ELEKTROKOAGULASI PENGOLAHAN LIMBAH CAIR PABRIK KELAPA SAWIT (Aula Chairunnisak, 2018)

APLIKASI ANAEROBIC TREATMENT PADA LIMBAH CAIR TAHU DENGAN MENGGUNAKAN REAKTOR MESOPHILIK (Satria Purwanto, 2014)

LITERATURE REVIEW: KARAKTERISASI SIFAT MEKANIK NANOKRISTAL SELULOSA DARI LIMBAH KELAPA SAWIT DAN APLIKASI SEBAGAI FILLER PADA BIONANOKOMPOSIT (Dian Hermayanti, 2020)

APLIKASI METODE ADVANCED OXIDATION PROCESS FENTON DAN FENTON-LIKE TERHADAP LIMBAH CAIR PABRIK KELAPA SAWIT (Ruka Yulia, 2015)

APLIKASI ANAEROBIC TREATMENT PADA LIMBAH CAIR IKAN DENGAN MENGGUNAKAN REAKTOR MESOPHILIC (Fatwa Dhiauddin, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy