//

ISOLASI FRAKSI AKTIF SITOTOKSIK EKSTRAK KULIT BATANG KAMBOJA PUTIH (PLUMERIA ALBA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Novia Rizqa Putri - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Isolasi fraksi aktif sitotoksik ekstrak kulit batang kamboja putih (Plumeria alba) telah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengisolasi senyawa metabolit sekunder dari ekstrak kulit batang P. alba yang memiliki sifat aktif sebagai sitotoksik. Hasil pengujian aktivitas sitotoksik dengan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT) menunjukkan bahwa nilai LC50 untuk ekstrak n-heksana sebesar 2,28 ppm, etil asetat 156,08 ppm dan metanol 84,31 ppm. Berdasarkan nilai LC50 menunjukkan bahwa ekstrak n-heksana lebih aktif dibandingkan dengan etil asetat dan metanol. Kemudian ekstrak n-heksana diisolasi lebih lanjut dengan metode Kromatografi Kolom Cair Vakum (KKCV). Hasil KKCV didapatkan 5 fraksi gabungan yang selanjutnya disebut dengan fraksi A-E. Hasil uji aktivitas sitotoksik dari fraksi A-E menunjukkan bahwa fraksi yang paling aktif adalah fraksi C. Berdasarkan hasil analisis Kromatografi Gas-Spektrometri Massa (KG-SM) dari fraksi gabungan dapat dilihat fraksi B yang mengandung senyawa metabolit sekunder golongan terpenoid yaitu: lupeol (C30H50O) yang diduga menyumbang keaktifan sitotoksik terhadap larva Artemia salina. Kata kunci: Plumeria alba, Brine Shrimp Lethality Test (BSLT), Artemia salina dan Sitotoksik

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

AKTIVITAS ANTIMIKROBIAL SENYAWA METABOLIT SEKUNDER EKSTRAK N-HEKSANA BUNGA KAMBOJA PUTIH (PLUMERIA ALBA) (Issura, 2014)

ISOLASI DAN KARAKTERISASI SENYAWA ANTIBAKTERI DARI EKSTRAK ETIL ASETAT KULIT BATANG KAMBOJA PUTIH (PLUMERIA ALBA) (Nurhayati, 2016)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERIAL EKSTRAK METANOL DARI TUMBUHAN KAMBOJA MERAH (PLUMERIA ROCEA) (Nizar Mauliza, 2014)

AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN SITOTOKSIK EKSTRAK N-HEKSANA KULIT BUAH KAKAO (THEOBROMA CACAO L.) (agnia purnama, 2019)

UJI SITOTOKSIK DAN PENENTUAN STRUKTUR SENYAWA KIMIA FRAKSI TIGA EKSTRAK ASETON KULIT BUAH KAKAO (THEOBROMA CACAO L.) (MIFTA JANNATUL MONA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy