//

PERANCANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KESIAPSIAGAAN PUSKESMAS DALAM PENANGGULANGAN BENCANA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Dian Nurani Teo - Personal Name
SubjectDISASTERS - SOCIAL SERVICES
MEDICAL EMERGENCIES - SOCIAL SERVICES
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kesiapsiagaan Puskesmas dalam penanggulangan bencana sangat berperan mengurangi dampak bencana yang terjadi di masyarakat. Perlu dilakukan penilaian tingkat kesiapsiagaan Puskesmas dalam penanggulangan bencana untuk mengetahui tingkat kesiapan dan aspek-aspek kesiapsiagaan yang perlu ditingkatkan. Belum ada instrumen yang digunakan untuk menilai kesiapsiagaan Puskesmas dalam penanggulangan bencana. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi indikator kesiapsiagaan puskesmas dalam penanggulangan bencana, merancang instrumen penilaian kesiapsiagaan Puskesmas dalam penanggulangan bencana, dan mengukur tingkat kesiapsiagaan Puskesmas dalam penangulangan bencana. Penelitian ini secara spesifik menggunakan jenis penelitian Research and Development yang secara garis besar terdiri dari dua tahapan yaitu: Pertama merancang instrumen evaluasi yang meliputi a) penelitian pendahuluan, b) perencanaan dan desain intrumen, c) pembobotan, d) professional judgement e) uji validitas instrumen menggunakan Content Validity Ratio (CVR) dan tahap kedua implementasi instrumen penilaian (Assessment). Penelitian ini telah menghasilkan instrumen yang te lah diuji validitasnya, untuk menilai kesiapsiagaan Puskesmas dalam Penanggulangan bencana. Instrumen ini telah dilakukan pengujian terhadap 3 Puskesmas yaitu Puskesmas Lampaseh yang terletak di kota Banda Aceh, Puskesmas Lhoknga dan Puskesmas Baitussalam yang terletak di kabupaten Aceh Besar. Berdasarkan implemenasi instrumen yang telah dirancang, diperoleh tingkat kesiapsiagaan Puskesmas Lampaseh Kota Banda Aceh pada level kurang siap, Puskesmas Lhoknga pada level hampir siap, dan Puskesmas Baitussalam pada level kurang siap. Kata kunci: instrumen penilaian, kesiapsiagaan, puskesmas, penanggulangan bencana.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PERAN PERAWAT PUSKESMAS DALAM PENANGGULANGAN PRA BENCANA DI KOTA BANDA ACEH (Maya Ananda, 2018)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KESIAPSIAGAAN PERAWAT PADA PUSKESMAS YANG BERISIKO TERHADAP BENCANA TSUNAMI DI BANDA ACEH (INTAN MASLIDA, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA TENAGA KESEHATAN PUSKESMAS BANDA ACEH (R.A. NINGRUM PRATIWI A, 2015)

OPTIMALISASI KESIAPSIAGAAN PRAJURIT KODIM 0101/BS DALAM PENANGGULANGAN BENCANA DI BANDA ACEH (GAYONI AMIN, 2017)

PENGETAHUAN PERAWAT PUSKESMAS TENTANG PENANGGULANGAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DALAM WILAYAH KERJA KOTA BANDA ACEH (WINDA SALTIRA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy