//

PENGARUH TERAPI BERMAIN TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA ANAK USIA 3 – 5 TAHUN YANG BEROBAT DI PUSKESMAS PEUKAN BARO KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Noverita - Personal Name
SubjectANXIETY
CHILDREN - HEALTH
PLAY THERAPY - PSYCHIATRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Keperawatan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Kecemasan adalah kondisi kondisi yang sering ditemukan pada anak yang sakit. Hampir dalam setiap tahap perkembangan usia anak, kecemasan dan ketakutan akan penanganan medis masih menjadi masalah besar dalam pelayanan keperawatan. Berbagai cara dilakukan oleh pemberi pelayanan kesehatan untuk mengatasi masalah yang muncul. Salah satu tindakan keperawatan untuk mengurangi dampak dari penanganan medis adalah bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi bermain terhadap tingkat kecemasan pada anak usia pra sekolah (3-5 tahun) yang berobat di Puskesmas Peukan Baro Kabupaten Pidie. Penelitian ini bersifat quasi eksperimen dengan rancangan pre-test andpost-test without control atau disebut dengan rancangan one group-pretest-posttest, dimana tingkat kecemasan diukur sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yaitu berupa etrapi bermain yang dilakukan pada bulan 27 Juni s/d 29 Juli 2016 terhadap 30 anak. Hasil penelitian diuji dengan menggunakan statistik non parametrik yaitu Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil analisis pre-test menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kecemasan adalah 16,87 dengan standar deviasi (SD) 4,574. Pengukuran post-test rata-rata tingkat kecemasan adalah 13,30 dengan SD 4,070. Hasil uji statistik didapatkan nilai p = 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara tingkat kecemasan sebelum dan sesudah dilakukan terapi bermain pada anak usia pra sekolah (3-5 tahun) yang berobat di Puskesmas Peukan Baro Kabupaten Pidie. Kata Kunci: anak, pra sekolah, kecemasan, terapi bermain

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH TERAPI PSIKORELIGIUS TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN NEUROSA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUAK RIBEE KECAMATAN JOHANRNPAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (zulham, 2014)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN IBU ANAK PRASEKOLAH PASCA HOSPITALISASI DI KOTA LHOKSEUMAWE (ROHANA, 2020)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK SITALALE KABUPATEN SIMEULUE (Eki Febriani, 2018)

PERKEMBANGAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI DENGAN METODE BERMAIN PERAN MAKRO DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH (RISKA OCHTOVIANA, 2019)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN PASIEN DALAM PERAWATAN KESEHATAN GIGI MULUT DI POLIKLINIK GIGI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK (RSIA) BANDA ACEH (FARRAHDILLA SARI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy