//

KECERDASAN LOGIS MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA SMA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DECY PRAMITA SARI YUSNA - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Decy Pramita Sari Yusna.(2018). Kecerdasan Logis Matematis melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Siswa SMA. Manusia dapat berkembang karena memiliki berbagai kecerdasan yang terdapat dalam dirinya, namun tidak semua kecerdasan dapat menjadi keunggulan dari dirinya. Peneliti berfokus pada kecerdasan logis matematis. Kecerdasan logis matematis siswa yaitu kemampuan untuk menangani bilangan dan perhitungan, pola, dan pemikiran logis. Upaya yang diharapkan guru dengan pemilihan model pembelajaran sebagai alternatif untuk dapat meningkatkan potensi kecerdasan yang dimiliki. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa selama dan setelah pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh sebanyak satu kelas, kemudian dipilih 6 siswa untuk di wawancara lebih lanjut dengan kriteria 1 siswa memenuhi empat aspek kecerdasan logis matematis, 2 siswa memenuhi tiga aspek kecerdasan logis matematis dan 3 siswa memenuhi dua aspek kecerdasan logis matematis. Data berupa jawaban siswa diperoleh dari tes kecerdasan logis matematis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kecerdasan logis matematis selama pembelajaran berbasis proyek setiap kelompok memenuhi minimal empat dari lima aspek kecerdasan logis matematis, sedangkan setelah pembelajaran berbasis proyek memenuhi minimal tiga dari lima aspek kecerdasan logis matematis. Dari ke-enam subjek, satu subjek memenuhi empat dari lima aspek kecerdasan logis matematis dan lima subjek memenuhi tiga dari lima aspek kecerdasan logis matematis. Dengan demikian kecerdasan logis matematis siswa berkembang setelah diterapkan model pembelajaran berbasis proyek. Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Program Linear

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN KONTEKS KEBENCANAAN (Siti Fatimah, 2020)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KECERDASAN LINGUISTIK-VERBAL DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS (SRY RASYIIDU TEBE, 2019)

KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DI KELAS VII MTSN 4 BANDA ACEH (Aulia Putri Miranda, 2019)

PEMAHAMAN SISWA TENTANG GRAFIK DITINJAU DARI KECERDASAN INTERPERSONAL DAN LOGIS MATEMATIS PADA SISWA KELAS XI MAN 1 BANDA ACEH (DHIAN GUNANJAR, 2018)

PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 10 KOTA BANDA ACEH (Meutiara Dini Marpaung, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy