//

PENERAPAN DAN ANALISIS METODE FUZZY MAMDANI DAN PEMBOBOTAN UNTUK MENINGKATKAN KETEPATAN KEPUTUSAN PEMBERIAN BEASISWA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AMSAR - Personal Name
SubjectCOMPUTER ENGINEERING
FUZZY LOGIC
LOGIC PROGRAMMING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Elektro Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Beasiswa yang diberikan oleh lembaga tertentu kepada penerima beasiswa agar terlaksananya pendidikan dalam membantu kelancaran kegiatan akademik di perguruan tinggi. Namun untuk mendapatkan calon yang layak perlu dilakukan seleksi untuk mendapatkan penerima beasiswa yang tepat sesuai kriteria yang ditetapkan. Dalam penelitian ini, penentuan seleksi penerimaan beasiswa terbagi atas empat variabel input yaitu status anak dan taraf ekonomi, kondisi tempat tinggal, prestasi dan tanggungan keluarga. Sedangkan keluarannya berupa nilai rekomendasi output dengan interval 0%-50% rekomendasi rendah, 50%-70% rekomendasi cukup, 70%-85% rekomendasi sedang dan 85%-100% rekomendasi tinggi, nilai rekomendasi minimal ≥50 dihitung sebagai nilai batas yang diterima dan nilai rekomendasi < 50 dinyatakan ditolak, selanjutnya dilakukan perangkingan dari nilai rekomendasi yang diterima dengan kuota yang disediakan sebagai batas perangkingan sesuai dengan input variabel dan sistem pengambilan keputusan pemberian beasiswa yang dibangun, nama yang masuk dalam urutan perangkingan dinyatakan lulus dan diterima sebagai penerima beasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pengambilan keputusan pemberian beasiswa sebagai alat bantu seleksi penerimaan beasiswa, sehingga sistem ini mampu menghasilkan keputusan yang efektif dan efisien. Proses seleksi beasiswa ini menggunakan metode logika fuzzy Mamdani dan metode pembobotan. Dalam menerapkan kedua metode yang diusulkan ini pengujian melibatkan 60 responden yang terbagi atas 2 grup uji sebagai dataset, hasil dari dataset pertama dengan metode fuzzy Mamdani diterima 25 orang dan ditolak 5 orang sedangkan dengan metode pembobotan yang diterima 29 orang dan 1 orang ditolak. Selanjutnya pada dataset kedua, hasil pengujian dengan metode fuzzy Mamdani diterima sebanyak 20 orang dan ditolak 10 orang sedangkan dengan metode pembobotan yang diterima 24 orang dan 6 orang ditolak. Hasil dari dua metode yang digunakan dalam seleksi penerima beasiswa, disimpulkan bahwa metode fuzzy Mamdani memberikan hasil yang optimal dalam pengambilan keputusan beasiswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN DAN ANALISIS METODE FUZZY MAMDANI DAN PEMBOBOTAN UNTUK MENINGKATKAN KETEPATAN KEPUTUSAN PEMBERIAN BEASISWA (AMSAR, 2018)

ANALISA PELAYANAN NASABAH BANK MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC SUGENO (STUDI KASUS BRI KANTOR WILAYAH BANDA ACEH) (NUR AULIA ZANNAH, 2017)

PENGATURAN LAMPU LALU-LINTAS DI SIMPANG PKA KOTA BANDA ACCEH DENGAN MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC MAMDANI (Zahlul Auwali, 2017)

APLIKASI SISTEM PAKAR LOGIKA FUZZY PADA PROGNOSIS PENYAKIT TUBERKULOSIS (widia lestari, 2016)

PERANCANGAN SISTEM MANAJEMEN RISIKO RANTAI DINGIN IKAN TUNA BEKU DENGAN PENDEKATAN LOGIKA FUZZY (STUDI KASUS: KLASTER INDUSTRI LAMPULO) (MUKMINATUL AFIFAH, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy