//

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA BILANGAN BULAT DI KELAS V SD NEGERI 69 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Misrawati - Personal Name
SubjectMATHEMATICAL SCHOOL
Bahasa Indonesia

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Misrawati. 2017. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Campuran pada Bilangan Bulat di Kelas V SD Negeri 69 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Fauzi, M.Pd., (2) Dra. Monawati, M.Pd. Kata Kunci: analisis, kesalahan siswa, soal operasi hitung campuran, bilangan bulat Dalam konteks melihat kesalahan siswa menjawab soal adalah dengan memeriksa jawaban siswa dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini berupaya mengungkapkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran pada bilangan bulat di kelas V SD Negeri 69 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini mendeskripsikan (1) kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran pada bilangan bulat, dan (2) penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran pada bilangan bulat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara. Selanjutnya seluruh data diolah dengan tahapan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, mendeskripsikan data, dan membuat kesimpulan. Dari hasil pengolahan data 30 siswa di sekolah yang dijadikan subjek diperoleh informasi bahwa siswa kelas V SD Negeri 69 Banda Aceh melakukan berbagai jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran pada bilangan bulat. Kesalahan yang didapat berupa kesalahan konsep 25,7 %, kesalahan prinsip 2,8 %, kesalahan operasi 1,7 %, dan kesalahan akibat kecerobohan 10,4 %. Adapun penyebab kesalahan yang dialami siswa antara lain kurangnya pemahaman materi operasi hitung campuran pada bilangan bulat, kurang teliti dalam menyelesaikan soal, kurangnya kemampuan berhitung, dan kurangnya kemampuan siswa dalam menggunakan aturan penyelesaian soal. Simpulan penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 69 Banda Aceh belum maksimal dalam menyerap materi yang diberikan oleh guru sehingga dalam menyelesaikan soal siswa masih melakukan kesalahan yang beragam. Hal itu dapat dilihat dari jenis kesalahan terbanyak yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal yaitu kesalahan konsep.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 DRUSSALAM (Teuku Muhajir, 2017)

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IV SD NEGERI 54 BANDA ACEH (NURLIA YUSFA, 2019)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI HITUNG PADA BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI HITUNG PADA BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Nurul Amalia, 2015)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EVALUASI MATEMATIKA SEMESTER II KELAS VRNSD NEGERI 8 BANDA ACEH (fajarina, 2015)

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI GAROT ACEH BESAR (KASTURI SAPUTRI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy