IDENTIFIKASI KESULITAN GURU IPA DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MTSN 3 ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IDENTIFIKASI KESULITAN GURU IPA DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MTSN 3 ACEH BESAR


Pengarang

Qurrata Aini - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306103030030

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Aini, Qurrata. 2013. Identifikasi Kesulitan Guru IPA dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di Sekolah MTsN 3 Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :

(1) Drs. Mustafa, M. Pd.,P. hD., (2) Drs. Elmi Mahzum, M. IT.

Kata Kunci : Kesulitan, guru IPA, pembelajaran tematik, kurikulum 2013

Pembelajaran IPA sebagai proses hendaknya berhasil mengembangkan keterampilan proses sains pada diri siswa. Hal tersebut didukung dengan adanya kurikulum 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 menyatakan bahwa substansi IPA pada SMP/MTs merupakan IPA terpadu, hal tersebut dapat memberikan dampak kepada guru yang mengajar di kelas, dikarenakan pada umumnya guru-guru yang tersedia terdiri atas guru-guru disiplin ilmu seperti Fisika, Kimia dan Biologi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesulitan guru IPA dalam menggunakan kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan tematik di dalam kegiatan belajar mengajar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dalam bentuk angket dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar IPA di MTsN 3 Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa guru mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran tematik terutama dalam penyampaian materi, kesulitan dalam menggunakan media pembelajaran seperti LCD dan alat – alat Laboratorium, serta guru mengalami kesulitan dalam mengevaluasi pembelajaran, khususnya pada perkembangan rubrik penilaian berdasarkan kurikulum 2013.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK