DESAIN DAN PENGUJIAN ANTENA MICROSTRIP RECTANGULAR PATCH SATU ELEMEN DAN ARRAY DUA ELEMEN UNTUK WIMAX 2,3 GHZ | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

DESAIN DAN PENGUJIAN ANTENA MICROSTRIP RECTANGULAR PATCH SATU ELEMEN DAN ARRAY DUA ELEMEN UNTUK WIMAX 2,3 GHZ


Pengarang

Muhammad Reza Aditya - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1304105010006

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Elektro (S1) / PDDIKTI : 20201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Seiring dengan perkembangan zaman teknologi antena sangat diperlukan untuk sistem komunikasi. Antena sendiri berfungsi untuk mengubah sinyal listrik menjadi sinyal elektromagnetik kemudian meradiasikan dan menerima gelombang elektromagnetik yang berisi informasi yang akan dikirim dan diterima oleh perangkat. Antena microstrip menjadi solusi dalam perancangan antena microstrip rectangular. Antena yang akan dirancang digunakan untuk frekuensi WIMAX yang mempunyai range frekuensi 2,3 GHz. Antena yang dirancang terdiri dari patch satu elemen dan array dua elemen yang dilakukan dengan menggunakan teknik optimasi. Antena microstrip rectangular patch satu elemen dan array dua elemen telah dilakukan dengan simulasi, fabrikasi dan pengujian menggunakan spectrum analyzer. Perancangan dan simulasi antena menggunakan bantuan software Advanced Design System (ADS) dengan spesifikasi retun loss = -10 dB, VSWR = ? 2, gain = > 1, bandwidth = 15-28 MHz. Pada penelitian ini antena telah dapat mendeteksi sinyal yang ditampilkan pada spectrum analyzer.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK