//

STRUCTURAL EQUATION MODEL PADA INDEKS KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI PROPINSI ACEH TAHUN 2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAISARAH DEFADZ - Personal Name
SubjectMANAGEMENT - RESEARCH METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Structural Equation Model (SEM) merupakan analisis multivariat yang memiliki kemampuan untuk menggambarkan hubungan kausalitas antar variabel secara simultan yang tidak bisa dijelaskan oleh analisis multivariat seperti analisis regresi, analisis faktor, dan analisis diskriminan. Kemampuan lain dari SEM adalah dapat menyelesaikan permasalahan yang melibatkan banyak persamaan linier pada variabel laten. Variabel laten adalah suatu konstruk dalam model persamaan struktural yang tidak dapat diukur secara langsung, namun dapat diukur oleh satu atau lebih indikatornya. Variabel laten terbagi menjadi 2 yaitu variabel laten endogen dan variabel laten eksogen. Dengan menggunakan SEM dapat diketahui seberapa baik suatu variabel indikator menentukan variabel laten. Dalam penelitian ini, SEM digunakan untuk menganalisa indeks kesejahteraan masyarakat di Provinsi Aceh. Indeks kesejahteraan masyarakat merupakan suatu capaian dari terwujudnya kesejahteraan masyarakat, sehingga setiap keluarga atau individu didalamnya yang memiliki pedoman, tujuan, dan cara hidup yang berbeda akan memberikan nilai yang berbeda tentang faktor-faktor yang menentukan tingkat kesejahteraan. Indeks kesejahteraan masyarakat diukur lewat tingkat kemiskinan yang diwakili oleh kondisi fisik rumah, sumber daya manusia, dan kesehatan. Hasil deskriptif menunjukkan bahwa kabupaten/kota yang memiliki persentase rumah tangga pra sejahtera terbanyak adalah kabupaten Aceh Utara dengan persentase lebih dari 15%. Sedangkan hasil dari analisis SEM menunjukkan bahwa kondisi fisik rumah, sumber daya manusia, dan kesehatan memiliki pengaruh positif terhadap indeks kesejahteraan masyarakat dengan nilai R-square sebesar 91,4%. Namun, hanya kondisi fisik rumah dan sumber daya manusia yang memiliki pengaruh kuat terhadap indeks kesejahteraan manusia. Kesehatan hanya berpengaruh lemah terhadap indeks kesejahteraan masyarakat. Kata kunci : Structural Equation Model, Indeks Kesejahteraan Masyarakat, variabel laten endogen, variabel laten eksogen

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS DETERMINAN KEPUTUSAN MASYARAKAT MEMILIH PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BPRS HIKMAH WAKILAH BANDA ACEH (MANDA SARI, 2020)

ANALISIS DETERMINAN KINERJA BADAN WAKAF DI KOTA BANDA ACEH: PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (PUTRI RAHMA CHAIRINA, 2018)

PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN DUKUNGAN ORGANISASITERHADAP LOYALITAS PEGAWAI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA BAD AN PENGELOLAAN KEUANGAN ACEH (NORA AMALIA, 2019)

PENGARUH KNOWLEDGE SHARING DAN KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PEGAWAI STAIN GAJAH PUTIH ACEH TENGAH YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA (HARSONO, 2020)

PENGARUH KONFLIK PERAN DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI YANG DIMEDIASI OLEH STRES KERJA (STUDI PADA PEGAWAI BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN ACEH) (NANI WAHYUNI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy